Turunkan Angka Stunting Kota Tegal, Ini Cara yang Dipakai Kelurahan Panggung

Turunkan Angka Stunting Kota Tegal, Ini Cara yang Dipakai Kelurahan Panggung

Launching Germas Payung Centini sebagai salah satu upaya penurunan angka stunting di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Berbagai upaya untuk menurunkan angka stunting di Kota Tegal terus diupayakan sejumlah pihak. Salah satunya melalui Germas Payung Centini yang diterapkan di Kelurahan Panggung.

Payung Centini merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Panggung Sengkuyung Cegah Stunting Sejak Dini dan Terintegrasi. Program itu, menambah upaya untuk penurunan angka stunting di Kota Tegal yang sudah ada sebelumnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal dr Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon berpesan agar gerakan tersebut tidak hanya menjadi acara seremonial saja. Tetapi harus bisa memberikan manfaat dalam rangka penurunan angka stunting.

"Upaya penanganan stunting tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Tetapi bisa dengan melibatkan masyarakat, baik PKK, kader posyandu, pengurus RT, RW dan pihak kelurahan,"katanya, Selasa 10 Oktober 2023.

Baca Juga: Program Sego Seceting, Efektif Tekan Angka Stunting di Kota Tegal

Menurut Roro, edukasi dan sosialisasi pemberian makanan bergizi harus rutin dilakukan. Sebab, ada anggapan yang berkembang saat ini kalau kebutuhan anak akan tercukupi dengan uang jajan yang banyak. 

"Padahal belum tentu memberikan gizi yang cukup. Sebab, anak yang keren bukanlah anak yang uang jajannya banyak, tetapi yang sehat,"ujarnya.

Sementara Sekretaris Kelurahan Panggung Mari S.AP mengatakan, Germas Payung Centini digalakan untuk mencegah dan menurunkan angka stunting. Khususnya di wilayah Panggung. 

Hal itu, kata Mari, sesuai Perpres 72/2001 yakni mengatur antara lain mengenai strategi nasional, percepatan, penyelenggaraan dan koordinasi penurunan stunting. Sehingga, perlu dilakukan berbagai aksi dan langkah nyata. 

Baca Juga: Targetkan Zero Stunting, Kelurahan Kalinyamat Wetan Luncurkan Kelas Penting

"Karenanya, memerlukan komitmen yang kuat dari mulai tingkat RT, RW. Sehingga penanganan stunting bisa langsung menyentuh ke masyarakat,"tandasnya.

Harapannya, ujar Mari, melalui Germas Payung Centini, bisa menurunkan angka stunting di Kelurahan Panggung secara signifikan. Serta bisa mewujudkan zero stunting.

Lurah Panggung Amin Suseno menegaskan, Germas Payung Centini jangan hanya sebagai kegiatan simbolis saja. Tetapi harus disertai dengan aksi nyata yang terintegrasi, terarah dan berkelanjutan. (*)

Sumber: