Keren! 80 Peserta di Brebes Ikut Lomba Tahfidz Qur'an

Keren! 80 Peserta di Brebes Ikut Lomba Tahfidz Qur'an

Puluhan tahfidz Qur'an mengikuti lomba yang digelar di Gedung PCNU Kabupaten Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 80 peserta mengikuti lomba Tahfidz Qur'an yang digelar Gedung PCNU Brebes, Jumat 13 Oktober 2023. Lomba tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada para penghafal Al Qur'an di Kabupaten Brebes. 

Dari jumlah peserta tersebut terbagi dalam 3 kategori. Yakni, untuk kategori pertama hafal 10 Juz, peserta maksimal berusia 15 tahun. Kategori kedua yakni hafal 20 Juz, peserta maksimal berusia 20 tahun dan hafal Al-Qur'an 30 Juz diperuntukkan bagi peserta yang berusia maksimal 30 tahun.

Panitia Hari Santri 2023 PCNU Kabupaten Brebes, Mustolah mengatakan 80 peserta yang ikut lomba tersebut merupakan utusan MWC NU se Kabupaten Brebes. Serta santri dari kalangan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Brebes.

"Peserta dibagi menjadi 3 kategori. Hafalan Al-Quran Juz 1 sampai 10, Juz 1 sampai Juz 20 dan Juz 1 sampai Juz 30. Kategori itu berdasarkan kelompok umur masing-masing," ungkapnya.

BACA JUGA:Antisipasi Game Online Merajalela, Pemuda Desa di Kabupaten Tegal Mendirikan Rumah Tahfidz

Dia menyebutkan, tujuan dari digelarnya lomba ini lantaran ingin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para penghafal Al-Qur'an di kota bawang merah. Apalagi Brebes memiliki banyak hafidz para santri yang tersebar di masing-masing kecamatan.

"Lomba Tahfidz ini salah satu cara kita apresiasi dan bangga dengan para santri. Apalagi, pegangan Al-Qur’an menjadi bekal terbaik bagi mereka agar nantinya bisa menjadi generasi yang baik di masa depan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak para pesera dan santri untuk selalu berbakti kepada orang tua. Pasalnya, mereka (orang tua, Red) telah membimbing hingga seperti saat ini. Menurutnya banyak orang yang menyesal ketika waktu kecil tidak mau belajar Al-Qur’an.

"Untuk selamat di dunia dan akhirat, manusia dibekali dua perkara, yakni Al-Qur’an dan hadist. Yang masuk pada lomba ini merupakan santri terbaik yang sudah dibina oleh orang tua, guru atau ustadz/ustadzah," imbuhnya.

BACA JUGA:Sekda Joko Resmikan Pembangunan Rumah Tahfidz Quran Pegirikan

Ketua PCNU Kabupaten Brebes KH. Sholahudin Masruri mengapresiasi panitia HSN tingkat Kabupaten Brebes yang menggelar lomba Tahfidz Qur'an. Dirinya pun berharap kegiatan ini dapat menebar manfaat bagi para santri dan masyarakat umum.

"Mudah-mudahan kegiatan ini memberi manfaat dan keberkahan untuk kita semua,. Khusunya mereka kalangan santri," pungkasnya. (*)

Sumber: