Antisipasi Game Online Merajalela, Pemuda Desa di Kabupaten Tegal Mendirikan Rumah Tahfidz

Antisipasi Game Online Merajalela, Pemuda Desa di Kabupaten Tegal Mendirikan Rumah Tahfidz

WISUDA - Sejumlah santri RTQ MEA Desa Karangjati saat diwisuda, baru-baru ini.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

TARUB, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Upaya mengantisipasi game online merajalela di pedesaan, para pemuda Banjarwaru, Desa Karangjati Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal mendirikan Rumah Tahfidz Qur’an Muhammadiyah Entrepreneur At-Taqwa (RTQ MEA). 

Program yang diberikan yakni Hafidz Qur’an. Hal itu tujuannya untuk memperbaiki akidah generasi muda untuk dekat dengan Allah dengan menghafal kitab-Nya.

"Waktu itu namanya Lembaga Tahfidz At-Taqwa. Tapi sejak Januari 2023 berubah menjadi Rumah Tahfidz Qur’an Muhammadiyah Entrepreneur At-Taqwa Banjarwaru," kata Direktur RTQ Muhammadiyah Entreprenuer At-Taqwa Rocki Purnando, saat acara wisuda santri Tahfidz Qur’an, Minggu, 25 Juni lalu.

Rocki berharap, dengan adanya RTQ MEA ini, maka generasi muda tidak hanya hafal qur’an, tetapi juga paham maknanya dan memiliki skill pengembangan diri dalam berwirausaha. Termasuk juga kuat secara jasmani dan rohani karena mendapat pelatihan beladiri Pencak Silat Tapak Suci Pemuda Muhammadiyah.

Rocki menyebut, sejak RTQ MEA didirikan 2 tahun lalu, hingga kini telah meluluskan 20 santri yang hafidz qur’an Juz 30, Juz 29 dan 7 juz dari tingkat SD, SMP dan SMA.

"Semuanya adalah anak-anak muda Banjarwaru dari seluruh lapisan masyarakat baik organisasi NU maupun Muhammadiyah," kata Rocki.

BACA JUGA:Sekda Joko Resmikan Pembangunan Rumah Tahfidz Quran Pegirikan

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Banjarwaru Hadi Wahito mengucapkan bersyukur dengan adanya Rumah Tahfidz ini telah mendidik anak-anak Banjarwaru menjadi penghafal Al-Qur’an.

"Ini sangat bagus untuk masa depan generasi muda Banjarwaru," ucapnya.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tarub Nasirudin mengatakan kegiatan ini sangat positif. Rumah Tahfidz sebenarnya sudah diinisiasi sejak 8 tahun lalu. Namun, kala itu belum berjalan.

"Alhamdulillah sekarang sudah dijalankan oleh anak-anak muda. Saya sangat mendukung," ucapnya.

Sementara, acara wisuda ini dimeriahkan dengan kegiatan Market Day yang digagas oleh Rumah Tahfidz Qur’an untuk membentuk karakter santri-santri bisa berdagang dan berinteraksi jual beli. Tidak terkecuali juga pertunjukan Pencak Silat Tapak Suci. ***

Sumber: