Kronologi Kebakaran Gudang Kayu Mebel di Kubangpari Brebes, Korban Alami Kerugian Rp200 Juta

Kronologi Kebakaran Gudang Kayu Mebel di Kubangpari Brebes, Korban Alami Kerugian Rp200 Juta

Kebakaran gudang kayu mebel di Desa Kubangpari Brebes ludes berhasil dipadamkan tim damkar dibantu warga dan TNI-Polri.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Sebuah gudang kayu pembuatan mebel dan kursi kebakaran, Kamis 12 Oktober 2023 dinihari. Amukan si jago merah yang menghanguskan gudang di Desa Kubangpari Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. 

Diduga kebakaran berasal dari korsleting listrik yang terjadi dalam gudang kayu tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian materiil yang ditimbulkan mencapai Rp200 juta. 

Kobaran api berhasil dipadamkan setelah Tim Damkar melakukan penyemprotan hingga tuntas. Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Tegal, pemilik gudang kayu mebel dan kursi itu, Abdul Rokhim (44). 

Akibat terbakarnya gudang berukuran 5x10 meter tersebut, sejumlah bahan baku kayu jati, alat-alat pertukangan hingga barang mebel ludes terbakar. Saat kebakaran terjadi gudang kayu dalam kondisi kosong tanpa penjaga.

BACA JUGA:Sempat Hujan, Kebakaran Hutan di Gunung Slamet Kabupaten Tegal Padam Lebih Cepat

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kapolsek Kersana Iptu Teguh Adi Winarko, membenarkan terjadinya kebakaran gudang kayu tersebut. Menurutnya, setelah mendapatkan laporan dari warga personel Mapolsek bersama Koramil langsung terjun membantu Damkar melakukan pemadaman.

"Alhamdulilah, semua titik api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 30 menit. Proses pemadaman, juga dibantu warga dan TNI-Polri bersama tim Damkar," jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sejumlah saksi, lanjut Teguh, insiden kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik. Sebab, titik api kali pertama muncul pada bagian atap gudang. 

Kemudian, api dengan cepat membakar semua areal dalam gudang karena bahannya mudah terbakar. Mengantisipasi insiden serupa, pihaknya mengimbau kepada semua masyarakat untuk lebih waspada. Khususnya, memastikan tak ada stop kontak yang dibiarkan menyolok saat kondisi gudang kosong.

BACA JUGA:Pasca Kebakaran Pasar Losari Brebes, Pemkab Wacanakan Penataan Ulang

"Guna menghindari terjadinya korsleting listrik, pastikan tak ada barang atau kabel yang masih terpasang di stop kontak. Terlebih, jika gudang ditinggal dalam kondisi kosong tanpa pengawasan," imbuhnya. (*)

Sumber: