Hentikan Sekarang Juga! Ini 7 Kegiatan Sepele Sehari-hari yang Ternyata Bisa Jadi Pemicu Kanker

Hentikan Sekarang Juga! Ini 7 Kegiatan Sepele Sehari-hari yang Ternyata Bisa Jadi Pemicu Kanker

Ternyata banyak kegiatan sepele pemicu kanker yang masih sering kita lakukan setiap hari. Karena itu hentikan sekarang juga.--

4. Laundry Pakaian

Sebagian orang tentu heran mengenai apa hubungannya kebasaan me-laundry pakaian dengan pemicu kanker bukan. Tahukah Anda, Emvironmental Working Group melaporkan terdapat beberapa label sabun yang digunakan tempat alundry yang mengandung zat kimia berbahay 1,4-diaxane.

Zat tersebut bisa memicu kanker. Bukan tanpa alasan, karena dalam riset yang pernah ada, binantang yang terpapar zat ini mempunyai tingkat lebih tinggi untuk terkena kanker hati daripada yang tidak terpapar.

5. Mengonsumsi Minuman dengan Pemanis Buatan

Tahukah Anda, ternyata mengonsumsi minuman pemanis buatan seperti teh kemasan dan soda bisa meningkatkan risiko kanker endometrium.

Adapun jenis minuman ini yakni dapat membuat kadar gula darah dan insulin langsung menanjak. Dengan naikknya insuli ini mengondisikan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan sel aknker endometrium dalam tubuh.

Tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi minuman berpemanis ini, ya. Anda tetap boleh untuk mengonsumsinya, namun dalam jumlah kecil serta tidak terlalu sering.

6. Tidur dengan TV Menyala

Apabila Anda mempunyai kebiasaan tidur selagi TV menyala, sebaiknya untuk menghentikannya mulai sekarang. 

Sebab, terdapat sebuah studi pada 2010 yang terbit di jurnal Environmental Health Perspectives yang menemukan cahaya buatan dari TV berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat.

Penyebabnya, cahaya buatan ini mengacaukan melatonin (hormon yang membuat seseorang tertidur).

7. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Menurut skin cancer foundation, penggunaan tabir surya (suncreen atau sunblock) bersifat wajib pada musim apapun. Hal ini untuk menurunkan risiko kanker kulit.

Saat cuaca mendung misalnya, radiasi ultraviolet masih sampai ke bumi sekitar 40%. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tabir surya, oleskan sekitar 15 sampai 30 menit sebelum menuju ke luar ruangan. Sebaiknya aplikasikan kembali setiap 2 jam, setelah berenang atau berkeringat.

Demikian informasi tentang 7 kebiasan sepele yang bisa menjadi pemicu kanker. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: