Pilkades Kabupaten Tegal Libatkan Pengamanan 1.273 Personel, Kapolres: 5 Desa Masuk Daerah Rawan

Pilkades Kabupaten Tegal Libatkan Pengamanan 1.273 Personel, Kapolres: 5 Desa Masuk Daerah Rawan

TINJAUAN - Bupati Tegal Umi Azizah meninjau pelaksanaan Pilkades Kabupaten Tegal serentak 2023, Rabu 11 Oktober 2023.-Humas Pemkab Tegal-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Tegal sudah berlangsung Rabu 11 Oktober 2023. Untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut, 1.273 personel diterjunkan.

Hal ini seperti diungkap Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun yang menyampaikan jika pihaknya telah melakukan analisis terhadap kondisi lingkungan sosial di 49 desa yang menggelar Pilkades Kabupaten Tegal. 

"Hasilnya, ada lima desa yang masuk dalam pemantauannya terkategori rawan," terangnya, Kamis 12 Oktober 2023. 

Dari lima desa tersebut, ada tiga desa yang menggelar Pilkades Kabupaten Tegal memiliki tingkat kerawanan tinggi. Penyebabnya karena daftar pemilih tetapnya lebih dari 10 ribu orang sehingga memerlukan pengamanan khusus.

BACA JUGA:MANTAP! Kantongi 3.055 Suara, Calon Petahana Menangi Pilkades Mejasem Barat Kabupaten Tegal

Lebih lanjut, dia mengatakan ada dua desa penyelenggara Pilkades Kabupaten Tegal yang sedang bersengketa. Baik di pengadilan ataupun yang sempat audiensi di Dispermasdes. 

Karenanya pada pelaksanaan Pilkades Kabupaten Tegal ini pihaknya menerjunkan 1.273 personel kepolisian. Termasuk bantuan dari Brimob, Ditsamapta Polda Jateng maupun Dalmas Polres Rayon Pekalongan. 

Pengamanan Pilkades Kabupaten Tegal ini juga melibatkan personel gabungan dari Kodim 0712/Tegal, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Linmas.

Sementara itu, Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman menuturkan saat pencoblosan di Pilkades Kabupaten Tegal ini pihaknya menerjunkan 250 personel. 

"Kami, TNI selalu siap membantu pemerintah daerah, termasuk kepolisian, baik dalam hal informasi intelijen, keamanan, dan teritorial,” ujarnya. 

BACA JUGA:Mantap Jiwa! Pilkades Kabupaten Tegal 2023 Berlangsung Kondusif

Lancar dan kondusif

Pilkades Serentak 2023 berlangsung di 47 desa di 17 wilayah kecamatan berjalan lancar dan kondusif. Sejauh ini tidak ditemukan kendala terkait perhitungan suara calon kepala desa. 

Informasi ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah, Kamis 12 Oktober 2023 pagi saat penyaluran bantuan langsung tunai dana bagi hasil cukai hasil tembakau di Balai Desa Kedawung Kecamatan Bojong.

Sumber: