Seperti Rentenir, Ini 4 Dampak Pinjol Ilegal bagi Masyarakat, Nomor 3 Sering Terkena Kasus

Seperti Rentenir, Ini 4 Dampak Pinjol Ilegal bagi Masyarakat, Nomor 3 Sering Terkena Kasus

Dampak Pinjol Ilegal bagi Masyarakat-freepik | jcomp-

Peningkatan beban ekonomi masyarakat. Bunga dan biaya yang tinggi dari pinjaman online ilegal dapat membuat masyarakat semakin terbebani secara ekonomi. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

BACA JUGA:Cara DC Pinjol Ilegal Tagih Hutang ke Nasabah Galbay Lewat Telepon, Siap-siap Kena Mental!

Kerugian finansial. Pinjaman online ilegal seringkali menerapkan praktik penagihan yang tidak wajar, seperti ancaman kekerasan atau penyebaran data pribadi. Hal ini dapat menyebabkan masyarakat mengalami kerugian finansial, bahkan hingga kebangkrutan.

Kebangkrutan usaha. Pinjaman online ilegal juga dapat berdampak pada kebangkrutan usaha. Hal ini karena para pelaku usaha seringkali menggunakan pinjaman online ilegal untuk modal usaha. Namun, jika usaha tersebut mengalami kerugian, maka pelaku usaha akan kesulitan untuk melunasi pinjaman tersebut.

Cara menghindari pinjol ilegal

Untuk menghindari pinjaman online ilegal, masyarakat dapat melakukan hal-hal berikut:

Cek izin OJK

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan bahwa pinjol tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda dapat mengecek daftar pinjol legal di situs web OJK.

BACA JUGA:Perbandingan Pinjol Kredivo, GoPay Later, Shopee Paylater dan Paylater BCA, Pilih yang Mana?

Hindari pinjol dengan bunga dan biaya yang tinggi

Pinjaman online ilegal biasanya menawarkan bunga dan biaya yang sangat tinggi. Hindari pinjol dengan bunga dan biaya yang tidak wajar.

Jangan mudah tergiur iming-iming

Iming-iming bunga yang rendah, persyaratan mudah, hingga proses pencairan dana yang cepat dapat membuat masyarakat tergiur menggunakan pinjaman online ilegal. Hindari tergiur iming-iming tersebut.

Kesimpulan

Pinjol ilegal merupakan ancaman bagi masyarakat. Masyarakat perlu berhati-hati dalam menggunakan pinjol, dan menghindari pinjaman online ilegal.

Sumber: