Cara Jitu Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol, Tanpa Harus Melakukan Pengaturan Pabrik

Cara Jitu Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol, Tanpa Harus Melakukan Pengaturan Pabrik

Pastikan data pribadi Anda di pinjol bisa terlindungi, agar tidak dimanfaatkan untuk kepentingan orang yang tak bertanggungjawab.--

RADAR TEGAL - Nasabah harus mewaspadai penyalahgunaan identitas nasabah, sekalipun bunga dan pinjaman pokoknya sudah lunas. Lantas apakah ada cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol?.

Persyaratan dokumentasi saat pengajuan pinjaman online harus dilengkapi menjadi alasan saat pengajuan pinjaman. Kemudian verifikasi dan kemampuan finansial pelunasan utang serta data pribadi pun biasanya ikut ditanyakan.

Itulah mengapa data pribadi penting dalam program pinjaman online, dan selalu diperlukan serta diminta. Mulai dari NPWP, KTP, slip gaji hingga rekening bank.

Mengapa data pribadi kontak pinjol harus dihapus?

Ketika masalah cicilan utang di aplikasi pinjol sudah lunas tidak ada lagi tunggakan atau kredit macet dan perlu cara hapus dokumen-dokumen penting di aplikasi pinjol. Ada baiknya segera menghapusnya dalam kontak perangkat rentan disalahgunakan oleh pihak pengusaha P2P lending.

BACA JUGA:Waspada! Begini Bahaya DC Pinjol Ilegal yang Meretas Data Pribadi Debitur melalui HP

Paling fatal dari data kontak yang masih tersimpan dalam aplikasi pinjol khawatir adannya teror atau lainnya yang mengganggu.

Konsekunsi hukum penyalahgunaannya

Data milik individu yang ada dalam aplikasi pinjol, paling rentan penyalahgunaan oleh orang tidak bertanggungjawab. Cara seperti ini memang membahayakan yang hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).

UU PDP telah disahkan bulan September 2022 yang membahas mengenai masalah penyalahgunaan data milik seseorang. UU PDP juga menyebut perbuatan mencuri, menyebarkan, menggunakan atau memalsukan data pribadi dianggap tindak pidana.

Apabila terbukti secara nyata dan menyakinkan bisa saja pelakunya dihukum pidana selama 4 tahun hingga denda miliaran rupiah. Apakah mau seperti itu hanya karena kesalahaan penyebaran dokumen-dokumen individu dan kalau sudah begini repot jadinya.

BACA JUGA:Jangan Panik! Begini Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data Pribadi

Kemudian solusi terbaik tidak ada salahnya menghapus data kontak  dalam perangkat ponsel yang dimiliki segera kemudian cara  hapus data pribadi di aplikasi pinjol penting diketahui

Hapus data kontak agar BI checking aman 

Ulah orang tidak tanggung jawab dalam kasus penyebaran data pribadi bisa berdampak kebocoran, sehingga malah dimanfaatkan melakukan kredit. Bukan pelakunya saja yang dikejar debt collector melainkan juga pemilik asli identitas tidak salah  kalau skor BI Cheking terpuruk menjadi rendah

Apakah data di aplikasi pinjol bisa dihapus?

Langkah lain dalam melindungi data pribadi dengan membersihkan data pada aplikasi pinjol, tetapi  apakah bisa data di aplikasi tersebut dihapus

  • Data kontak tertanam di perangkat platform dapat dibersihkan, tetapi alangkah baiknya dilunasi dahulu tagihan sampai lunas.
  • Ajukan permohonan hapus data kontak dengan menghubungi costumer service.
  • Jika permohonan dikabulkan segera hapus data, cache dan uninstall aplikasi supaya idak lagi mengakses data ponsel.

BACA JUGA:5 Langkah Ampuh Melindungi Data Pribadi Anda Agar Tidak Diretas atau Disebar Oleh Aplikasi Pinjol Ilegal

Hapus data dan chace di ponsel

Sesudah diperbolehkan menghapus data kontak oleh costmer service, saatnya beraksi bersihkan data kontak di aplikasi pinjol. Sebelum hapus aplikasi terlebih dahulu hapus data secara menyeluruh di perangkat ponsel agar aman.

Langkah awal hapus data cukup mudah masuk menu Pengaturan kemudian pilih aplikasi, dan klik Kelola Aplikasi. Cari dan pilih aplikasi pinjaman online yang ingin dihapus kemudian pastikan ubah izin akses.

Dari aktif menjadi nonaktif pada perizinan aplikasi, jika berhasil aplikasii pinjol tidak lagi mengakses data pribadi maupun kontak data.

Solusi lain perlu diperhatikan setelah berhasil membersihkan data dan cache segera melakukan uninstall aplikasi. Cara mudah cukup pengaturan terus pilih plaform dan uninstall, apabila belum  berhasil mencoba mengganti SIM Card baru.

BACA JUGA:4 Bahaya data Pribadi Bocor, Biasanya Kelakuan DC Lapangan Pinjol yang Tidak Bertanggung Jawab

Masih juga diganggu tidak ada cara lain uninstal aplikasi media sosial baik Facebook, Instagram, dan Twitter. Cara pamungkas tidak bisa dilakukan lagi mereset ponsel smarphone ke peraturan pabrik atau melaporkan penyalahgunaan dokumen-dokumen individu ke OJK.

Itulah cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol karena jika tidak diersihkanmenghapus data diri dalamm kontak perangkat rentan disalahgunakan oleh pihak pengusaha P2P lending. (*)

Sumber: