5 Langkah Ampuh Melindungi Data Pribadi Anda Agar Tidak Diretas atau Disebar Oleh Aplikasi Pinjol Ilegal

5 Langkah Ampuh Melindungi Data Pribadi Anda Agar Tidak Diretas atau Disebar Oleh Aplikasi Pinjol Ilegal

5 Langkah Ampuh Melindungi Data Pribadi Anda Agar Tidak Diretas ata Disebar Oleh Aplikasi Pinjol Ilegal--Picture By: stockking on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Simak 5 langkah ampuh yang dapat melindungi data pribadi anda agar tidak diretas atau disebar oleh pinjol ilegal.

Sejatinya melakukan pinjaman di layanan pinjol ilegal cukup berbahaya. Selain tidak terdaftar dan terawasi oleh OJK, terkadang sistem dalam pinjol tersebut cukup merugikan.

Sistem yang merugikan antara lain seperti bunga yang tersembunyi, nilai bunga yang terlalu besar, jangka waktu yang terlalu singkat, teror dan ancaman oleh DC lapangan.

Pinjol ilegal sendiri juga tidak memiliki izin resmi dari OJK, sehingga menyulitkan OJK mengawasi segala aktivitas yang berhubungan dengan sektor keuangan dalam pinjol tersebut.

Adapun pinjol ilegal biasanya meminta akses ke data pribadi kita yang tujuannya untuk meminta kelengkapan data saat pengajuan pinjaman.

Hal ini cukup berbahaya apabila data pribadi kita tidak di tangani secara benar. Ini juga beresiko untuk digunakan sebagai jaminan pinjaman apabila sewaktu-waktu kita tidak mampu membayar cicilan pinjaman, sehingga pihak pinjol bisa menggunakan data pribadi kita sebagai ancaman.

Ancamannya beruba, penyebaran data pribadi, penggunaan data pribadi untuk tujuan yang buruk, dan lain sebagainya.

Nah untuk mengatasi hal ini, berikut sudah kamu rangkum 5 cara ampuh melindungi data pribadi dari pihak pinjol. Simak dibawah ini:

1. Menolak Perizinan dari Aplikasi Pinjol Ilegal

Pada proses penginstalan aplikasi, pengguna sebaiknya selalu memperhatikan setiap perizinan yang harus disetujui.

Hal ini penting untuk dilakukan demi keamanan kontak, karena beberapa aplikasi memiliki perizinan untuk mengakses kontak pengguna. Jika pengguna tidak berhati-hati, maka aplikasi tersebut dapat mengakses dan menyebarkan data kontak pengguna tanpa izin.

BACA JUGA:Terbaru 2023! Pinjol Tanpa DC Lapangan dan Terdaftar Berizin OJK

BACA JUGA:Akulaku Tegaskan DC Lapangan Tetap Tagih Nasabah Galbay Sampai Ke Kawasan Pelosok, 4 Hal Ini Wajib Disiapkan!

2. Memanfaatkan Peraturan pada Hp

Sumber: