Hari Jantung Sedunia 2023, Perki Tegal Raya Ajak Masyarakat 'Menari' dengan Baik dan Benar

Hari Jantung Sedunia 2023, Perki Tegal Raya Ajak Masyarakat 'Menari' dengan Baik dan Benar

HARI JANTUNG- Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Tegal Raya, Sabtu 30 September 2023 berkumpul memperingati Hari Jantung Sedunia.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Tegal Raya, Sabtu 30 September 2023 mengajak masyarakat 'menari' dengan baik dan benar. Namun, kata menari di sini bukan berarti menari dalam arti sebenarnya.

Namun itu adalah singkatan dari mengecek nadi sendiri. Masyarakat diajak mengukur nadi mereka secara baik dan benar dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD) 2023 yang jatuh pada Jumat, 29 September 2023. 

Kegiatan tersebut dipusatkan di RSUD Kabupaten Brebes. Hal ini seperti keterangan dari Ketua Panitia Peringatan WHD dr. Jagaddhito Probokusumo.

Menurut dokter spesialis jantung RSUD Kabupaten Brebes ini, tema peringatan secara global adalah 'Use Heart, Know Heart' atau Kenali Jantungmu Sayangi Jantungmu.

BACA JUGA: Dibalik Mitos yang Menyeramkan, Ini 5 Manfaat Jantung Pisang Bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:Awas! Diabetes, Hipertensi, Depresi Hingga Penyakit Jantung Ancam Kesehatan Pekerja

Untuk Perki Tegal, puncak WHD digelar di RSUD Kabupaten Brebes. Perki Tegal sendiri membawahi empat kabupaten/kota. Yakni, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kota Tegal.

Dalam puncak WHD, pihaknya mengajak masyarakat untuk mengecek nadi sendiri alias menari. 

Penderita penyakit jantung semakin muda

Di peringatan WHD ini sendiri, Perki Tegal ingin mengulas penderita penyakit jantung yang semakin di usia muda. Jadi, kalau dulu penyakit jantung penderitanya di usia tua, penyakit jantung itu rata-rata usia pasien di RSUD utama penyakit jantung itu semakin mudah prevalensinya jadi semakin meningkat di usia muda.

"Kalau dulu penderita penyakit jantung untuk laki-laki itu di atas 45 tahun kalau wanita itu di atas 55 tahun. Nah dalam hal ini sudah mulai bergeser ke 30 sampai 40 tahun," ujarnya.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh: Mendukung Fungsi Otak hingga Menjaga Kesehatan Jantung!

BACA JUGA:Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan: Dukungan untuk Jantung, Mata, dan Kekebalan Tubuh!

Pertanyaannya kenapa kok bisa meningkat di usia muda, kata dia, faktor gaya hidup menjadi salah satunya. Gaya hidup yang tidak baik di anak-anak remaja ataupun khususnya sekolahan menjadi penyebab penderita penyakit jantung semakin muda.

Sumber: radartegal.disway.id