Awas! Diabetes, Hipertensi, Depresi Hingga Penyakit Jantung Ancam Kesehatan Pekerja

Awas! Diabetes, Hipertensi, Depresi Hingga Penyakit Jantung Ancam Kesehatan Pekerja

RUTIN - Tim Promkes menggelar tes kebugaran dan rockport secara berkala di lingkungan OPD dan sekolah untuk mendeteksi PTM seperti diabetes dan lainnya.-SYAMSUL FALAQ-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Awas! Penyakit diabetes, hipertensi, depresi hingga penyakit jantung mengancam kesehatan pekerja. Tingginya tingkat stres dalam menjalankan rutinitas kerja, berpotensi besar dalam memicu terjadinya Penyakit Tidak Menular (PTM).

Bahkan, berdasarkan riset kesehatan dasar (riskesdas-res), stres hingga depresi justru menjadi faktor pemicu ancaman PTM seperti diabetes dan lainnya bagi pekerja. Terlebih, rutinitas dan aktivitas kerja monoton lebih berpotensi meningkatkan risiko penyakit. 

Karenanya, kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan skrining masalah kesehatan di tempat kerja terus digencarkan secara berkala. Salah satunya untuk mendeteksi penyakit diabetes dan PTM lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri Sulistyowati menjelaskan, banyaknya temuan kasus PTM seperti diabetes dan lainnya dalam lima tahun terakhir menjadi bukti transisi nyata epidemiologi. 

BACA JUGA:Deteksi Dini Kesehatan, Polres Pemalang Tes Skrining Diabetes Militus dan Hipertensi Ratusan Anggota

BACA JUGA:Mampu Mencegah Diabetes, Berikut 6 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Khususnya, pasien berstatus pekerja justru mendominasi mengidap Penyakit Tidak Menular. Seperti stres, depresi, kecemasan berlebih, hipertensi, diabetes, stroke hingga jantung.

"Jika Pola Hidup Bersih dan Sehat belum dilakukan, ancaman PTM (seperti diabetes dan lainnya) bisa menjadi bom waktu bagi pekerja. Sehingga, program pemeriksaan kesehatan dan rockport digulirkan secara berkala pada semua OPD," terangnya kepada Radar Tegal.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, lanjut Ineke, menjadi program prioritas yang digencarkan pemerintah. Fokusnya, mendongkrak upaya pemulihan derajat kesehatan masyarakat untuk menerapkan pola dan gaya hidup sehat terhindar dari diabetes dan penyakit lainnya. 

Yakni, memperbaiki perilaku dengan rajin berolahraga secara rutin hingga mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Sebab, makanan sehat tidak harus mahal tetapi justru mengandung banyak nutrisi.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Kacang Merah bagi Kesehatan: Dukungan untuk Diabetes, Kesehatan Jantung, dan Banyak Lagi!

BACA JUGA:Camilan Tinggi Serat Terbaik Penderita Diabetes, Buah Apel Bisa Dicoba Kaya Serat Prebiotik

"Pemeriksaan kebugaran berkala test rockport, meliputi tensi darah, kemampuan fisik, cek kesehatan jantung dengan jalan cepat hingga indeks masa tubuh," ujarnya.

Sementara itu, Sub koordinator Promkes, PM dan Kesehatan Lingkungan Emi Sri Hartati menambahkan, implementasi Germas terus digencarkan pemerintah melalui skrining masalah kesehatan dan PHBS di lingkungan kerja untuk mencegah diabetes dan lainnya.

Sumber: radartegal.disway.id