Sempat Gaduh, Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Dipastikan Bakal Seperti Ini

Sempat Gaduh, Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Dipastikan Bakal Seperti Ini

AUDIENSI - Komisi I DPRD Kabupaten Tegal saat audiensi dengan warga Desa Banjarturi Kecamatan Warureja soal proses Pilkades PAW, Rabu 27 September 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sempat gaduh dan berujung demo, Pemilhan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal dipastikan berjalan kondusif. Pasalnya, Pilkades PAW tetap dilanjutkan sesuai keinginan warga.

Hal itu seperti disampaikan salah satu calon kades untuk Pilkades PAW Banjarturi, Dulhadi, Rabu 27 September 2023 usai audiensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Tegal.

"Intinya warga berharap Pilkades PAW Desa Banjarturi tetap dilanjutkan. Karena ketika dipimpin oleh Pejabat sementara (Pj) kades, maka pemerintahan desa tidak akan maksimal," kata Dulhadi.

Menurutnya, jika dipimpin oleh Pj, pelayanan terhadap warga tidak bisa 24 jam karena Pj merupakan PNS di kantor Kecamatan Warureja. Termasuk untuk pembangunan, tentu tidak sesuai dengan harapan warga karena jabatannya bukan definitif kades.

BACA JUGA:Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

BACA JUGA:Amankan Aksi Damai Pendukung Calon Kades PAW Banjarturi Tegal, Kapolres Kerahkan 161 Personel

Menurut Dulhadi, sebenarnya warga Desa Banjarturi menghendaki proses Pilkades PAW Banjarturi tetap berlanjut. Selama ini berjalan aman, lancar dan kondusif. 

Namun sayangnya, ada oknum yang ingin menggagalkan PAW tersebut. Sehingga sempat terjadi demo yang dilakukan warga beberapa waktu lalu di depan Balai Desa Banjarturi. 

Warga kecewa karena proses pergantian kepala desa antar waktu ditunda sebanyak dua kali.

Dia menyatakan, hasil audiensi kali ini, Komisi l DPRD Kabupaten Tegal menyerahkan seluruh prosesnya kepada Inspektorat. Saat ini, baik calon PAW, BPD, Panitia, Pj Kades dan beberapa pihak terkait sedang diperiksa oleh Inspektorat.

"Apakah PAW tetap berlanjut atau tidak, nanti tergantung hasil dari pemeriksaan Inpektorat," kata Dulhadi menambahkan.

BACA JUGA:Lupa Mematikan Api, Tiga Rumah di Banjarturi Kabupaten Tegal Ludes Terbakar dan Rugi Ratusan Juta

BACA JUGA:Protes Rekrutmen Pamong dan Rotasi Sekdes, Warga di Pantura Geruduk Balai Desa Banjarturi

Sumber: radartegal.disway.id