3 Konsekuensi Hukum Galbay Pinjol Ilegal, Gak Cuma Dikejar DC Lapangan Seram

3 Konsekuensi Hukum Galbay Pinjol Ilegal, Gak Cuma Dikejar DC Lapangan Seram

3 konsekuensi hukum galbay pinjol ilegal -freepik-

Konsekuensi hukum galbay pinjol ilegal

Meskipun menawarkan sejumlah keunggulan pinjol ilegal, Anda harus tahu dampak atau kerugian yang nantinya akan Anda rasakan jika nekat meminjam di platform tidak resmi OJK ini.

Mereka akan mematok suku bunga yang begitu tinggi melebihi ketentuan yang ditetapkan OJK. Selain itu, akan dikenakan biaya-biaya tersembunyi yang tentunya tidak dijelaskan sebelumnya secara transparan. 

BACA JUGA : Update 5 Pinjol Masuk BI Checking dan Ada DC Lapangan September 2023 Limit Tinggi Tanpa Jaminan

Belum lagi praktik ilegal penagihan hutang oleh DC lapangan pinjol ilegal. Mereka umumnya akan melakukan bentuk teror atau penekanan secara mental kepada para nasabah yang galbay.

Jika Anda gagal melunasi hutang pinjol ilegal, maka berikut ini 3 konsekuensi hukum galbay pinjol ilegal yang akan Anda mungkin dapatkan.

1) Biaya penalti dan bunga tinggi

Jika Anda gagal bayar cicilan hutang pinjol ilegal sesuai kesepakatan, biasanya akan ada biaya denda atau penalti serta suku bunga yang tinggi. Hal ini tentu semakin membuat hutang Anda membengkak jika tidak segera dilunasi.

2) Praktik penagihan hutang

DC lapangan pinjol ilegal biasanya akan melakukan praktik yang kurang sopan kepada nasabah yang galbay. Mereka bisa melakukan teror, bahkan bisa mengancam keselamatan nasabahnya. Sebab, mereka tidak bekerja sesuai regulasi dari OJK.

3) Kelayakan kredit

Jika Anda galbay pinjol, maka tentu bisa berdampak pada riwayat kredit Anda ke depannya. Nantinya, Anda akan semakin sulit mengajukan kredit apapun karena menunggak cicilan-cicilan sebelumnya. 

Demikian 3 konsekuensi hukum galbay pinjol ilegal yang harus Anda ketahui. Lebih amannya, Anda bisa meminjam kredit pada lembaga keuangan atau platform yang sudah resmi OJK. (*) 

Sumber: