Harga Beras dan Gula di Pasar Johar Semarang Abnormal, Pemprov Jateng Gercep Lakukan Ini

Harga Beras dan Gula di Pasar Johar Semarang Abnormal, Pemprov Jateng Gercep Lakukan Ini

Didampingi Pj Gubernur Jateng, Menteri Perdagangan cek harga beras dan kebutuhan pokok lainnya di Pasar Johar Semarang.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Harga beras dan gula di Pasar Johar Semarang abnormal atau tidak normal.

Hal tersebut terungkap saat Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Drs Nana Sudjana AS, MM, mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Johar Semarang, Selasa 26 September 2023. 

Hasil pantauan yang dilakukan, harga bahan pokok di Pasar Johar relatif normal kecuali beras dan gula. Bahkan beberapa harga komoditas dinilai murah dibandingkan daerah lain.

"Memang tadi dengan Menteri Perdagangan kita sudah melakukan pengecekan di Pasar Johar. Di sini sudah kelihatan bahwa harga-harga yang lain normal, yang naik itu beras sama gula," kata Nana Sudjana usai mendampingi Menteri Perdagangan meninjau harga bahan pokok di Pasar Johar.

BACA JUGA:Gunakan Aplikasi, Penyaluran Bantuan Pangan Beras ke KPM Sempat Terkendala

BACA JUGA:GPM untuk Atasi Kenaikan Harga Beras di Kota Tegal Masih Berlanjut

Berdasarkan pantauan di lapangan, harga beras masih berada pada Rp60 ribu per 5 kilogram. Harga beras SPHP di Pasar Johar Semarang saat ini berkisar antara Rp51 ribu per 5 kilogram. Sementara harga bawang merah pada kisaran Rp16 ribu sampai Rp17 ribu per kilogram atau turun dari sebelumnya Rp27 ribu. Sama halnya dengan bawang putih yang turun dari Rp35 ribu menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Nana menjelaskan, upaya pemerintah sudah dilakukan untuk menekan harga beras yang cenderung masih tinggi. 

Di antaranya dengan menggelontorkan stok beras yang dimilki Bulog ke pasar dan juga bantuan langsung kepada masyarakat. 

Begitu juga dengan Pemprov Jateng yang mulai mengeluarkan cadangan pangan pemerintah daerah berupa beras dan beberapa bahan pokok lainnya.

BACA JUGA:Harga Beras Tinggi, Warga Senang Ada Gerakan Pangan Murah

BACA JUGA:Warga Sukoharjo Bungah, Bansos Beras 10 Kg Cair untuk 68.678 KK

"Pemerintah sudah melaksanakan upaya-upaya, yaitu dengan menggelontorkan stok beras Bulog. Tadi sudah kita lihat banyak beras-beras Bulog yang harganya di bawah Rp10 ribu, sehingga ini nanti harapannya menormalkan harga beras di pasaran," kata Nana.

"Di samping itu kami dari Pemprov juga akan melakukan operasi pasar dengan melaksanakan pasar murah nanti," tambahnya.

Sumber: