Dana BOSP Diakui Tidak Memenuhi Semua Kebutuhan Sekolah, Dirjen Singgung Efisiensi

Dana BOSP Diakui Tidak Memenuhi Semua Kebutuhan Sekolah, Dirjen Singgung Efisiensi

CINDERAMATA - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat memberikan cinderamata kepada guru di Kabupaten Tegal usai pelatihan BOSP, Minggu 24 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Meski memang sudah tersedia, Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) diakui tidak memenuhi semua kebutuhan sekolah. Apalagi untuk melakukan pembelajaran yang berkualitas.

Hal ini seperti diungkapkan Sekretaris Dirjen PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek Praptono saat Pelatihan Percepatan Pelaporan Penggunaan Dana BOSP di Hotel Grand Dian Slawi, Kabupaten Tegal, Minggu 24 September 2023.

''Cuma yang harus dipahami dalam konteks wajib belajar pendidikan dasar itu fungsi efisiensi penggunaan dana BOSP menjadi penting,'' tandasnya. 

Praptono mengakui, selama ini sudah memberikan sosialisasi pendampingan kepada sekolah mulai dari merencanakan sampai penggunaan dana BOSP.

BACA JUGA:Laporan dana BOSP Tidak Tepat Waktu, Sekolah Bisa Terkena Sanksi Berikut

BACA JUGA:Testimoni Orang Tua Murid soal Permendikbudristek Tentang PPKSP, Tak Lagi Khawatirkan Anak di Sekolah

''Di bulan ini kami juga sudah melakukan kerja sama dengan dinas membuat video yang bisa mendampingi sekolah dalam membuat perencanaan dana BOS tahun 2024,'' terangnya.

"Harapannya dalam membuat perencanaan tahun 2024 lebih awal dengan menyesuaikan kebutuhan sekolah mengacu pada rapot pendidikan,'' sambungnya.

Dana BOSP sendiri merupakan dana alokasi khusus nonfisik untuk mendukung biaya operasional nonpersonalia bagi Satuan Pendidikan.

Terkait dengan kegiatan pelatihan pelaporan dana BOSP, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menjelaskan, tujuan utama agar operator sekolah, guru dan kepala sekolah memahami benar dalam perencanaan maupun penggunaan dana BOSP.

BACA JUGA: Gandeng Radar Tegal, 70 Anggota Pramuka SMP Negeri 9 Kota Tegal Belajar Jurnalistik

BACA JUGA:VIRAL! Video Kampus FISIP Unsoed Purwokerto Tidak Terawat, Netizen: Berasa Kuliah di Suzuran

Apalagi sekarang ada fleksibilitas yang tentunya mengacu pada kebutuhan sekolah terutama untuk menunjang pembelajaran siswa.

"Itu teknis, agar sekolah benar-benar melakukan perencanaan dan penggunaan BOSP sesuai dengan aturan,'' kata Fikri menambahkan.

Sumber: radartegal.disway.id