Embahnya Aerox! Yamaha Nouvo, Pelopor Generasi Motor Matic Pertama di Indonesia

Embahnya Aerox! Yamaha Nouvo, Pelopor Generasi Motor Matic Pertama di Indonesia

Yamaha Nouvo--

RADAR TEGAL - Yamaha Nouvo merupakan motor matik pertama yang diproduksi oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dan dipasarkan di Indonesia pada tahun 2002. 

Motor ini menjadi pelopor motor matik di Indonesia dan menjadi salah satu motor matik paling populer di eranya.

Berikut radartegal.disway.id merangkum sejarah generasi Motor matic pertama di Indonesia Yamaha Nouvo, simak artikel berikut ini.

Generasi Pertama: Nouvo Lele

Yamaha Nouvo generasi pertama, yang sering disebut sebagai Nouvo Lele, memiliki desain yang unik dan berbeda dari motor matik lainnya. 

Desainnya yang aerodinamis dan futuristik membuat motor ini terlihat seperti ikan lele tanpa kumis.

Nouvo Lele dibekali dengan mesin 113 cc SOHC 2-tak yang mampu menghasilkan tenaga 8,5 daya kuda dan torsi 9,2 Nm. Motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, yaitu sekitar 40 km/liter.

Nouvo Lele dibanderol dengan harga Rp12,5 juta pada saat diluncurkan. Harga ini terbilang cukup mahal untuk ukuran motor matik pada saat itu, namun hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat untuk membelinya.

BACA JUGA:Rahasia! Kelebihan dan Kekurangan Rangka eSAF pada Motor Honda, User Yamaha jangan sampai Baca Ini

BACA JUGA:Honda Scoopy 2023, Motor Matic Retro dengan Harga Menarik di Bulan September

Generasi Kedua: Nouvo Sporty

Yamaha Nouvo generasi kedua, yang disebut sebagai Nouvo Sporty, dirilis pada tahun 2003. Motor ini memiliki desain yang lebih sporty dan agresif dibandingkan Nouvo Lele.

Nouvo Sporty dibekali dengan mesin 113 cc SOHC 2-tak yang sama dengan Nouvo Lele. Namun, motor ini memiliki performa yang lebih baik, yaitu tenaga 9,5 daya kuda dan torsi 9,8 Nm.

Nouvo Sporty dibanderol dengan harga Rp14 juta pada saat diluncurkan. Harga ini masih terbilang mahal, namun motor ini tetap menjadi salah satu motor matik terlaris di Indonesia.

Sumber: