3 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, yang Galbay Yuk Merapat

3 Cara Efektif Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, yang Galbay Yuk Merapat

3 cara efektif menghentikan pinjol ilegal sebar data pribadi -freepik-

Cara efektif agar pinjol ilegal berhenti menyebarkan data pribadi Anda yaitu dengan membuat kesepakatan dengan mereka.

Anda bisa mencoba membuat kesepakatan terkait cara penagihan cicilan yang boleh maupun tidak boleh dilakukan. 

Mintalah juga keringanan pembayaran secara baik-baik, entah itu keringanan hutang pokok, suku bunga, atau tenor pembayaran yang diperpanjang. Buat perjanjian tersebut secara tertulis dan sah agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

3) Lapor ke pihak berwajib

Cara berikutnya agar data pribadi Anda tidak disebarkan pinjol ilegal saat galbay yaitu dengan melaporkan kepada pihak berwajib.

Penyebaran data tanpa izin termasuk pelanggaran hukum, apalagi status penyedia pinjol tersebut ilegal alias belum terdaftar di OJK. 

BACA JUGA : 6 Pinjol Ilegal Tanpa KTP 2023 dan Sudah di Blacklist OJK, Hati-hati Jangan Mudah Tergiur

Anda bisa membuat laporan terkait penyebaran data secara ilegal oleh pihak pinjol tersebut ke laman : lapor.go.id , patrolisiber.id , konsumen.ojk.go.id.

Saat melaporkan hal ini, Anda harus menyertakan bukti ancaman atau penyebaran data pribadi yang dilakukan pinjol ilegal tersebut sebagai bukti laporan. Nantinya, pihak pinjol ilegal akan diproses secara hukum.

Demikian 3 cara efektif menghentikan pinjol ilegal sebar data pribadi Anda saat galbay. Ke depannya, jika Anda membutuhkan dana pinjama darurat, pastikan menggunakan platform pinjol yang sudah resmi OJK agar terhindar dari masalah penyebaran data ilegal. (*)

Sumber: