Ketersediaan Air Bersih di Larangan dan Ketanggungan Brebes Minim, Pj Bupati Bilang Begini

Ketersediaan Air Bersih di Larangan dan Ketanggungan Brebes Minim, Pj Bupati Bilang Begini

AIR BERSIH - Warga di Kabupaten Brebes tengah mengantri air bersih yang ketersediaannya saat ini mulai minim.-TEGUH SUPRIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Dampak terjadinya kemarau panjang cukup dirasakan oleh warga masyarakat, termasuk di Kabupaten Brebes. Beberapa wilayah menjadi perhatian khusus terkait ketersediaan air bersih seperti Kecamatan Larangan dan Kecamatan Ketanggungan.

Pasalnya, di kecamatan tersebut ketersediaan air bersih bagi warga sudah minim.

"Hal yang sama juga terjadi di beberapa wilayah kecamatan lain. Tentu kita akan terus berupaya untuk melakukan penanganan agar warga bisa mendapatkan kebutuhan air bersih," terang Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, dikutip Rabu, 20 September 2023.

Terkait minimnya air bersih, pihaknya meminta masing-masing pemangku wilayah untuk segera melakukan inventarisir daerah yang rawan mengalami kekeringan. Hal ini perlu dilakukan untuk mempercepat penanganan.

BACA JUGA:Kekeringan di Jateng, BPBD Sebut 33 Juta Liter Air Bersih Sudah Disalurkan ke 32 Kota Kabupaten

BACA JUGA:Kemitraan dengan Australia, Program Air Bersih Dihibahkan ke Muslimat NU dan Difabel Slawi

Terutama saat ditemukan adanya kesulitan air bersih yang terjadi di suatu wilayah.

"Baik pemerintahan tingkat desa maupun tingkat kecamatan, agar melakukan pemetaan di masing-masing wilayah. Sehingga bisa diketahui tingkat kerawanan, sebagai dampak dari musim kemarau ini," ungkapnya.

Jika memang ditemukan adanya wilayah yang terdampak kemarau hingga membutuhkan bantuan air bersih, pihaknya meminta untuk segera melakukan koordinasi bersama jajaran pemerintahan maupun organisasi perangkat daerah (OPD) yang membidangi.

"Jika memang diketahui adanya wilayah yang kesulitan terutama air bersih maka segera laporkan, akan kita tindak lanjuti bersama stakeholder lain," terangnya.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Terus Meluas, 18 Desa dari 6 Kecamatan Alami Kekeringan

BACA JUGA:48 KK di Kendal Alami Krisis Air Bersih, NU Care-Lazisnu Salurkan 4000 Liter Bantuan Air

Di sisi lain, Urip juga meminta warga masyarakat diimbau untuk mengantisipasinya dengan melakukan langkah-langkah pemanfaatan air bersih sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: