Kemitraan dengan Australia, Program Air Bersih Dihibahkan ke Muslimat NU dan Difabel Slawi

Kemitraan dengan Australia, Program Air Bersih Dihibahkan ke Muslimat NU dan Difabel Slawi

HIBAH - Deputy Director GESIT, KIAT, Collen McGin secara simbolis menyerahkan hibah program air bersih kepada Muslimat NU Kabupaten Tegal, Jumat 15 September 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Ini tentunya dapat mendukung pembangunan pemerintah daerah dari perspektif gender dan inklusi sosial. Umi berharap, dua organisasi penerima hibah itu dapat dibantu oleh organisasi lainnya.

Termasuk dari Perumda Tirta Ayu supaya bisa menciptakan infrastruktur yang inklusif melalui partisipasi perempuan dan penyandang disabilitas.

"Dari mulai perencanaan, perancangan, implementasi dan monitoring pembangunan infastruktur," kata Umi Azizah.

BACA JUGA:Suasana Haru Selimuti Penyaluran Bantuan 340 Kursi Roda Adaptif dari Australia untuk Warga Jateng

BACA JUGA:Atasi Sampah, Pemkab Pemalang Akan Gandeng Investor Australia

Melalui jalinan kemitraan GESIT yang akan berlangsung selama dua tahun ke depan, diharapkan dapat mendorong partisipasi dan advokasi perempuan serta penyandang disabilitas. Utamanya dalam pembangunan daerah dan pemenuhan kebutuhan air bersih.

Bupati tidak menampik, di Kabupaten Tegal ada beberapa desa yang mengalami krisis air bersih. Sejauh ini, pemerintah daerah sudah mengelontorkan bantuan air bersih sebanyak 600 ribu liter.

Menurut Umi, kelangkaan air bersih juga dapat menjadi persoalan sosial budaya yang memberi beban tersendiri. Terutama bagi peran perempuan dalam keluarga. 

Umi melihat penyediaan air bersih di masyarakat masih dianggap sebagai urusan domestik rumah tangga yang dalam pemenuhannya menjadi ranahnya perempuan.

BACA JUGA:Tak Biasa! Perwakilan Negara Australia China dan Singapura Ikut Upacara Kemerdekaan RI di Jateng

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Hewan Quokka, Mamalia Endemik Australia yang Murah Senyum!

"Di lapangan kita lihat, bahwa saat kemarin bantuan air bersih didropping, mayoritas yang mengantri perempuan. Mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan air bersih," kata Umi serasa iba.

Umi berpesan, para penerima hibah harus melakukan gerakan dan tugas untuk mensosialisasikan air bersih. Karena, permasalahan air bersih ini bukan hanya sekedar infrastruktur, melainkan terkait kesetaraan.

Ketua Tim GESIT Muslimat NU Kabupaten Tegal Umi Faizah, mengungkapkan ke depannya Muslimat NU akan menyelenggarakan beberapa kegiatan sosialisasi, edukasi dan kampanye kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga sumber mata air dan penggunaan air bersih yang benar. 

Muslimat NU, akan mengawal pelibatan organisasi masyarakat sipil dan organisasi penyandang disabilitas dalam Forum Pemukiman dan Kawasan Perumahan (FPKP), serta mendukung pemerintah daerah dalam penerapan kebijakan air bersih di Kabupaten Tegal.

Sumber: radartegal.disway.id