Pendamping Sosial PKH di Kendal Lakukan Kolaborasi, Ternyata Ini Alasannya

Pendamping Sosial PKH di Kendal Lakukan Kolaborasi, Ternyata Ini Alasannya

PENDAMPINGAN - Pendamping sosial PKH Desa Karangmalang Wetan Anissatur Rofiah melakukan pendampingan di Desa Kadilangu Kecamatan Kangkung. -Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Alami keterbatasan media, pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kendal melakukan kolaborasi. 

Pendamping Sosial PKH Desa Kadilangu Ida Ratna Sari berupaya menggandeng Anissatur Rofiah selaku Pendamping Desa Karangmalang Wetan untuk berkolaborasi. Kolaborasi kedua pendamping bertujuan untuk memberikan semangat kepada KPM agar tidak jenuh. 

Kolaborasi tersebut dalam kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Kegiatan pendamping sosial PKH ini dilakukan di rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung. 

Dalam P2K2 kolaborasi dua pendamping sosial PKH ini, mengangkat tema dari Modul Pendidikan dan Pengasuhan Anak sesi 2b-2e, yakni cara mengurangi perilaku buruk pada anak di setiap usia (usia di bawah 2 tahun, usia 2-8 tahun, dan usia remaja). 

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tahu! Bansos PKH 2023 Rp3 Juta per Tahun Tujuannya untuk Ini

BACA JUGA:Wong Tegal Wajib Tahu! Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 4 Tahun 2023 Rp1.850.000

Anissa menambahkan, jika P2K2 dilakukan dua orang, bisa saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Menciptakan suasana baru, inovasi baru, menarik perhatian KPM meskipun masih banyak kekurangan. 

Dirinya berharap suatu saat Kemensos memperhatikan alat bantu untuk Pendamping Sosial PKH. 

"Sudah tidak relevan jika pendamping harus manual memakai flip chart, seharusnya di era digital ini, kita sudah update memakai LCD agar mendorong dan memaksimalkan P2K2", kata Anissa, Jumat 15 September 2023.

Karena selama ini untuk memutar lagu mars PKH dan film saja pendamping sosial PKH harus memakai laptop pribadi. Dengan kondisi yang memprihatinkan, hanya bisa menjangkau 5-7 KPM. Sedangkan dalam kelompok biasanya terdapat 20-30 KPM bahkan lebih. 

BACA JUGA:Terbaru! Cara Cek Penerima Bansos BLT PKH dan BPNT, Klik Linknya Disini

BACA JUGA:Buruan Cek Sekarang Juga! BLT PKH dan BPNT Tahap 4 Cair, Begini Cara Cek Daftar Penerima Bantuan

P2K2 merupakan marwah yang ada di tubuh PKH. Seharusnya Pendamping Sosial PKH dibekali alat-alat guna menunjang dan mensukseskan kegiatan.

Sumber: