Bantu Naikan Harga, 1.216 ASN di Brebes Borong Bawang Merah

Bantu Naikan Harga, 1.216 ASN di Brebes Borong Bawang Merah

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin saat menggelar aksi borong bawang merah dalam kegiatan Bela Beli Bawang Merah Petani di Stadion Karangbirahi Brebes, Jumat 15 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Brebes melakukan aksi borong bawang merah dari petani, Jumat 15 September 2023. Sedikitnya, ada 1.216 ASN yang ikut borong dalam kegiatan Bela Beli Bawang Merah Petani yang dipusatkan di Stadion Karangbirahi Brebes.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin mengatakan kegiatan tersebut merupakan komitmen pihaknya bersama Forkopimda untuk membantu petani dengan cara mengadakan gerakan bela beli bawang merah petani. Gerakan ini sebagai upaya membantu petani bawang merah yang saat ini harganya turun.

"Dengan membeli produk-produknya (bawang merah, Red), kami harapkan dapat meningkatkan harga bawang merah seperti biasanya," ujarnya.

Dia menjelaskan, harga yang dibeli oleh ASN di tingkat petani Rp15.000 sedangkan harga di pasaran Rp10.000. Sedangkan utnuk total hari ini pihaknya membeli bawang sebanyak 3 ton.

"Kegiatan ini mungkin akan kami laksanakam sampai 3 bulan atau 4 bulan ke depan. Mudah-mudahan dengan cara ini nantinya harga bisa kembali tinggi. Dan petani bawang mendapatkan keuntungan," jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes Yulia Hendrawati. Total hari ini ada 3 ton bawang merah yang laku dalam aksi borong tersebut.

"Total ada 3 ton bawang merah yang kami beli dari total 1.216 ASN," ujarnya ditemui usai aksi bela beli bawang merah petani.

Dia menyampaikan, untuk pembelian bawang merah di petani pihaknya berkomunikai langsung dengan Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Brebes.

"Kami mengajak semua teman-teman ASN untuk bersama-sama membela petani dengan cara membeli produknya. Terutama seperti saat ini adalah bewl beli bawang merah," pungkasnya.***

Sumber: