4 Daerah di Jateng Ini Warganya Paling Panjang Umur, Angka Harapan Hidupnya Hampir 78 Tahun

4 Daerah di Jateng Ini Warganya Paling Panjang Umur, Angka Harapan Hidupnya Hampir 78 Tahun

4 daerah di Provinsi Jawa Tengah memiliki rerata angka harapan hidup atau paling panjang umur yang paling tinggi.--

RADAR TEGAL - Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu daerah dengan jumlah penduduk paling banyak di Tanah Air. Meski begitu di beberapa kabupaten dan kota, warganya memiliki rata-rata usia paling panjang umur.

Provinsi yang beribu kota di Kota Semarang itu, posisinya persis di tengah-tengah Pulau Jawa. Sehingga membuat Jateng sangat strategis secara geografi dan geologi.

Luas wilayah Provinsi Jateng mencapai 32.544,02 km persegi, atau sekitar 28,94 persen luas Pulau Jawa. Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten terluas dengan luas 2.138,51 km persegi.

Sedangkan yang paling kecil adalah Kota Magelang, yang luasnya hanya 18,12 km persegi. Penduduk di Jateng pada tahun 2022 lalu, mencapai 37.032.410 jiwa dengan Kabupaten Cilacap menjadi daerah yang paling banyak penduduknya yakni 1.988.622 jiwa.

Sementara itu paling sedikit Kota Tegal, yang hanya 278 299 jiwa. Ada 4 daerah yang rerata usia warganya paling panjang umur di Jateng berdasarkan indikator angka harapan hidup dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kabupaten kota yang warganya panjang umur 

1. Kabupaten Sukoharjo

Secara geografis, Kabupaten Sukoharjo berada di selatan Kota Surakarta, yang terkenal sebagai salah satu daerah industri di Jateng. Sebelumnya, Kabupaten Sukoharjo sempat menjadi wilayah Daerah Istimewa Surakarta sebelum dibubarkan pada 1946 silam.

Kabupaten Sukoharjo adalah kabupaten terkecil nomor dua di Jateng, yang hanya memiliki luas 46,666 km persegi.

Luasnya setara dengan 1,43 persen luas wilayah Provinsi Jateng, dan secara administratif memiliki 12 kecamatan, dengan 17 kelurahan dan 150 desa. Kabupaten Sukoharjo pada 2022 lalu, angka harapan hidupnya mencapai 77,82 tahun.

2. Kota Salatiga

Wilayah Kota Salatiga berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang, dan berada di daerah yang strategis antara Semarang dan Solo. Karena berada di ketinggian 450-850 mdpl, Kota Salatiga mempunyai cuaca yang sejuk dan segar.

Kota Salatiga dikelilingi oleh pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Gajah Mungkur yang menakjubkan. Karena itu, Salatiga adalah tempat yang ideal untuk beristirahat dan hidup.

Kota ini merupakan wilayah terkecil di Jateng, yang hanya mempunyai luas sekitar 54,98 km persegi. Wilayahnya terdiri dari 4 kecamatan dan 23 kelurahan dengan penduduk sebanyak 195 065 jiwa.

Sumber: