Tradisi Lama, Sedekah Bumi Warga Kepandean Kabupaten Tegal Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Tradisi Lama, Sedekah Bumi Warga Kepandean Kabupaten Tegal Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

SEDEKAH BUMI - Warga menggelar sedekah bumi di Desa Kepandean Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, Minggu 3 September 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Selama dua hari hari, yakni sejak Sabtu 2 September 2023 dan Minggu 3 September 2023 malam, ratusan warga Desa Kepandean Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal menggelar sedekah bumi.

Sedekah bumi yang juga diartikan ruwatan bumi itu digelar dengan beberapa kegiatan. Diawali dengan pengajian bersama dengan menghadirkan KH Khozinatul Asror dari Tegal. 

Kemudian di hari berikutnya, sedekah bumi digelar dengan arak-arakan gunungan hasil bumi dan diakhiri dengan pagelaran wayang golek. Arak-arakan ini juga dimeriahkan dengan grup marching band Banser Kepandean, kuda lumping dan sejumlah warga yang membawa nasi tumpeng.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Tujuannya untuk mencari keberkahan bagi warga Desa Kepandean, khususnya di blok kebun dingin," kata Tokoh Masyarakat Desa Kepandean Adi Wiratmoko, Minggu 3 September 2023 malam.

BACA JUGA:Mitos Dibalik Kerasukannya Anggota Linmas Saat Jaga Sedekah Bumi Jaga Dipa di Kota Tegal

BACA JUGA:Sedekah Bumi Waduk Cacaban Tradisi Merawat Alam, Bupati Tegal Beri Pesan Khusus

Adi menjelaskan, arak-arakan sedekah bumi yang diikuti ratusan warga itu, menempuh jarak sekitar 3 kilometer. Saat sampai di lokasi kebun dingin, warga langsung berebut gunungan hasil bumi seperti sayuran, wortel, timun, terong dan lainnya.

"Warga sangat senang karena baru kali ini sedekah bumi digelar meriah," ujarnya.

Menurut Adi, anggaran ruwatan bumi itu murni berasal dari warga. Selain itu, para perantau yang berasal dari Desa Kepandean juga menyokong kegiatan tersebut hingga meriah.

"Semua ini berkat bantuan dari warga dan perantau. Mereka sangat guyub memeriahkan sedekah bumi ini," ujarnya.

BACA JUGA:MENAKUTKAN! Anggota Linmas Mendadak Kesurupan Saat Sedekah Bumi di Margadana Tegal

BACA JUGA:Warga di Tegal Gelar Sedekah Bumi, RT dan RW Wajib Bawa Gunungan yang Diarak


Sumber: radartegal.disway.id