MANTAP! Dicurhati Kebakaran Hutan, Satgas Karhutala Pemalang Langsung Eksekusi Laporan

MANTAP! Dicurhati Kebakaran Hutan, Satgas Karhutala Pemalang Langsung Eksekusi Laporan

Stgas Karhutala Pemalang memadamkan api yang disebebkan oleh pembakaran sisa jerami untuk pembukaan lahan.-Siti Maftukhah-

RADAR TEGAL - Dicurhati soal kebakaran hutan Satgas kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutala) Pemalang langsung eksekusi laporan.

Curhatan atu laporan kebakaran hutan itu mengemuka saat kegiatan Jumat Curhat Polsek Bantarbolang Polres Pemalang, Jumat 1 September 2023.

Saat itu masuk informasi adanya potensi kebakaran hutan dan lahan, akibat kebiasaan petani yang membakar sisa hasil pertanian di area perkebunan sekitar hutan Cagar Alam.

Informasi disampaikan, Wage, seorang warga yang tergabung dalam komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA) yang turut serta dalam kegiatan Jumat Curhat.

BACA JUGA:Kebakaran di Alun-Alun Pemalang, 6 Ruko Ludes Dilalap Si Jago Merah

BACA JUGA:Pemalang Siagakan Satgas Karhutla Antisipasi Kebakaran di Puncak Musim Kemarau

Saat itu, Wage mengatakan, sering menemukan adanya petani yang membakar sisa hasil pertanian untuk membuka lahan.

"Mohon bantuannya ada antisipasi dari petugas, agar api tidak meluas hingga menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," katanya. 

Menanggapi informasi tersebut, Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kapolsek Bantarbolang AKP Trino Winarno menegaskan, Satgas Karhutla yang bertugas untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, telah disiagakan di Kecamatan Bantarbolang.

Satgas Karhutala terdiri dari unsur TNI-Polri, BKSDA, Perhutani dan Pemerintah Kecamatan Bantarbolang.

BACA JUGA:Sikapi Kebakaran di Pelabuhan Jongor Tegal, Satpolairud Polres Pemalang Cek Kondisi Apar Kapal Nelayan

BACA JUGA:Deteksi Dini Kesehatan, Polres Pemalang Tes Skrining Diabetes Militus dan Hipertensi Ratusan Anggota

“Kami akan langsung menindaklanjuti informasi tersebut, dengan melaksanakan patroli bersama usai kegiatan Jumat Curhat ini," kata Kapolsek.

Sementara itu, dalam kegiatan patroli usai Jumat Curhat, petugas gabungan yang tergabung dalam Satgas Karhutla menyisir area perkebunan di sekitar hutan lindung dan kawasan Cagar Alam yang masuk area Desa Kebon Gede dan Desa Peguyangan Kecamatan Bantarbolang.

Sumber: