Tragedi Misterius Waduk Sempor: Korban Tewas Meningkat, Apakah Ada Penyebabnya?

Tragedi Misterius Waduk Sempor: Korban Tewas Meningkat, Apakah Ada Penyebabnya?

Kisah Misteri Waduk Sempor-Wikipedia-

RADAR TEGAL     Kisah misteri Waduk Sempor telah menghiasi jejak waktu di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen.

Kisah misteri Waduk Sempor telah menjadi sebuah topik yang menarik, diceritakan oleh penduduk setempat serta beredar di kalangan para pengunjung. Aliran cerita-cerita ini membentuk latar belakang yang tajam di antara keindahan alam dan isu-isu gaib yang menghantui.

Kisah misteri Waduk Sempor membingkai lokasi ini dengan nuansa yang tak biasa. Terletak tidak jauh dari Pasar Wonokriyo dan Stasiun Gombong, waduk ini memiliki daya tarik yang tak hanya berasal dari keindahan pemandangannya, tetapi juga dari cerita-cerita yang berkembang di sekitarnya.

Berikut adalah informasi mengenai kisah misteri Waduk Sempor yang dilansir dari kanal YouTube Legenda Senja oleh Radar Tegal. 

BACA JUGA:Misteri Waduk Sermo Kulon Progo, Ada Ikan Ganas yang Bisa Membawa Malapetaka, Hati-hati Kalau Berenang!

Keindahan dan sejarah Waduk Sempor di Kebumen

Tujuan utama pembangunan Waduk Sempor adalah untuk membantu irigasi pertanian di wilayah Kebumen, Banyumas, dan Cilacap. Waduk ini dilengkapi dengan beragam fasilitas rekreasi air yang sangat sesuai untuk kunjungan keluarga.

Dengan luas lebih dari puluhan hektar, waduk ini memberikan kesan danau alami yang dikelilingi oleh perbukitan, menciptakan harmoni alam antara kejernihan air waduk dan kehijauan perbukitan yang menakjubkan.

Jebolnya Bendungan Sempor

Namun, di balik keindahan dan keteduhan serta luas Waduk Sempor yang memukau, tidak banyak yang tahu tentang kisah sejarah yang menjadi dasar pembangunan Bendungan Sempor.

Menurut cerita yang beredar, waduk ini mulai dikembangkan sekitar tahun 1916, ketika pemerintah Belanda mencari lahan untuk mendirikan sumber air yang besar.

Proyek ini memakan waktu lebih dari tiga puluh tahun hingga akhirnya waduk ini dapat berdiri. Menurut legenda, sebelum menjadi Bendungan Sempor, area ini adalah tempat tinggal warga.

Oleh karena itu, agar dapat mengubahnya menjadi proyek bendungan, tanah tersebut harus dikosongkan.

BACA JUGA:Menelusuri Mitos Waduk Gajah Mungkur pada Malam Satu Suro, Terdapat Seorang Gadis Bunuh Diri?

Bencana banjir dan kenangan mengharukan

Namun, setelah beberapa tahun berlalu, tepatnya pada tahun 1967, terjadi bencana di Bendungan Sempor. Bendungan ini jebol dan menyebabkan banjir besar yang merusak pemukiman di sekitarnya.

Tercatat 127 orang meninggal dalam peristiwa ini. Berdasarkan kesaksian orang yang masih hidup dan tinggal di sekitar waduk, banyak korban berasal dari kalangan anak muda. Tragedi ini menghasilkan monumen di satu tempat di sebelah utara waduk sebagai tanda pengingat akan peristiwa mengerikan tersebut.

Misteri kematian aneh dan kejadian tak terduga

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada akhir 2018, berita tenggelamnya seorang remaja di Waduk Sempor menjadi topik pembicaraan.

Meskipun remaja tersebut memiliki kemampuan berenang, ia tenggelam secara aneh dan meninggal sebelum bisa mencapai tepi. Selain misteri kematian remaja ini, ada pula misteri lain yang mengelilingi waduk ini.

Beberapa waktu lalu, sebuah batu besar di sebelah utara waduk tiba-tiba jatuh ke jalan dan menewaskan pengguna jalan. Kejadian ini menunjukkan bahwa fenomena alam di sekitar danau buatan Sempor tidak selalu dapat dijelaskan secara ilmiah.

BACA JUGA:Legenda Ular Raksasa! Mitos Waduk Malahayu Brebes Masih Kental dengan Kemistisannya

Mitos yang mengelilingi Waduk Sempor

Warga selalu mengingatkan pengunjung yang datang ke waduk ini untuk selalu waspada dan tidak mengabaikan situasi sekitar. Banyak yang mempercayai bahwa waduk ini memiliki penghuni gaib.

Menurut legenda, di waduk ini terdapat ular raksasa yang dikenal sebagai Taksaka. Ular ini dianggap sebagai makhluk mitologi yang menyerupai naga dan tinggal di langit.

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang bisa membuktikannya, warga tetap menyarankan agar pengunjung tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di antara kejernihan air dan sunyi waduk, kisah misteri Waduk Sempor terus menggelayut dalam teka-teki yang mengundang rasa ingin tahu.***

Sumber: legenda senja