Legenda Ular Raksasa! Mitos Waduk Malahayu Brebes Masih Kental dengan Kemistisannya

Legenda Ular Raksasa! Mitos Waduk Malahayu Brebes Masih Kental dengan Kemistisannya

Legenda Ular Raksasa! Mitos Waduk Malahayu Brebes Masih Kental dengan Kemistisannya--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membaha legenda ular raksasa dari mitos Waduk Malahayu Brebes yang hingga sekarang masih dipercayai warga sekitarnya. Simak penjelasannya sampai habis.

Waduk yang dibangun, umumnya memiliki fungsi sebagai tempat air disimpan yang kemudian akan digunakan sebagai saluran irigasi untuk lahan warga. Selain itu peran waduk dalam mencegah banjir sangatlah besarm kerana dapat menampung air dalam jumlah yang banyak.

Waduk yang paling terkenal di Brebes sekaligus menjadi tempat wisata ialah Waduk Malahayu Brebes yang telah menoreh nama hingga menjadi sangat terkenal.

Waduk yang berlokasi di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini tidak jauh berbedas dari fungsi waduk pada umumnya.

Selain itu adapula aspek yang diberikan Waduk Malahayu Brebes yang memberikan aspek wisata kepada warga lokal ataupun pengendara yang melintasi jalan waduk ini.

BACA JUGA:Kental Dengan Kisah Mistis dan Kemisteriusannya, Sebenarnya Ada Apa Dengan Waduk Malahayu Brebes?

Namun apakah kamu tahu mengenai mitos Waduk Malahayu Brebes yang dikatakan warganya memiliki legenda ular raksasa yang selalu mendiami air yang hening di waduk tersebut.

Mitos Waduk Malahayu Brebes sudah menjadi hal yang melekat pada warga lokal disana kerana dalam pembuatan waduk ini ada kisah sedih dan pilu.

Mengenai mitos legenda ular dalam Waduk Malahayu Brebes diceritakan warga setempat kalau waduk yang memiliki daratan kecil ditengah-tengah ini memiliki makhluk astral berjenis reptil atau ular raksasa yang sejak dahulu sudah mendiami waduk ini.

Memang mitos Waduk Malahayu Brebes menjadi hal yang sangat dipercayai oleh warganya sampai harus menjaga setiap perilaku dan tutur kata sesiapa orang yang akan melintasi waduk tersebut.

Sampai sekarang mitos Waduk Malahayu Brebes tentang legenda ular raksasa, masih dipercayai warganya hingga sekarang sebagai bentuk penghoratan kepada penunggu waduk tersebut.

Selain mitos Waduk Malahayu Brebes mengenai legenda ular raksasa, adapula kepercayaan dari warga lokal yang mengharuskan setiap pengantin baru membasuh muka dengan air dari waduk tersebut.

Konon menurut warganya setiap pengantin baru yang membasuh muka dengan air Waduk Malahayu Brebes akan diberikan kelanggengan hidup berumah tangga.

BACA JUGA:Mengenal Mitos dan Kengerian Kali Pemali Brebes, Dikisahkan Ada Kerajaan Gaib yang Mendiami Sungai Ini

Sumber: