Misteri Waduk Sermo Kulon Progo, Ada Ikan Ganas yang Bisa Membawa Malapetaka, Hati-hati Kalau Berenang!

Misteri Waduk Sermo Kulon Progo, Ada Ikan Ganas yang Bisa Membawa Malapetaka, Hati-hati Kalau Berenang!

Misteri Waduk Sermo di Kulon Progo-Tangkapan layar YouTube/Indonesian Village Stories-

RADAR TEGAL – Waduk Sermo di Kulon Progo memiliki misteri dan mitos yang masyarakat percaya, bahkan sejak awal pembangunannya. Waduk ini termasuk salah satu objek wisata yang populer di Yogyakarta, tepatnya berada sekitar 40 kilometer dari pusat kota.

Misteri Waduk Sermo di Kulon Progo ini memang menyita perhatian masyarakat, terlebih lagi salah satunya yang paling terkenal adalah adanya ikan setan di dalam waduk. Ikan ini digambarkan berukuran sangat besar, berwarna merah, dan sangat ganas.

Meski memiliki misteri Waduk Sermo Kulon Progo tetap menjadi tujuan wisata sebagian masyarakat yang ingin menikmati pemandangan. Apalagi, waduk ini dikelilingi bukit hijau yang sangat indah.

Diresmikan Soeharto pada 20 November 1996

Waduk Sermo diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996 dan merupakan salah satu andalan wisata air, misalnya untuk naik perahu.

Saat pembangunannya, Pemkab Kulon Progo melakukan transmigrasi massal alias bedol desa dengan memindahkan 100 Kepala Keluarga ke Tak Toi, Provinsi Bengkulu serta 7 Kepala Keluarga lainnya dipindahkan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit, Riau.

BACA JUGA : Mitos Waduk Cacaban Tegal yang Masih Dipercaya Masyarakat: Tumbal dan Sosok Penunggu yang Bikin Merinding

Tidak hanya wisata air, pengunjung juga bisa mengabadikan momen sebab tempat ini begitu instagramable. 

Waduk Sermo tepatnya berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap yang memiliki luas dan genangan airnya hingga 157 hektare, serta bisa menampung 25 juta meter kubik.

Misteri Waduk Sermo Kulon Progo 

Meskipun menawarkan keindahan bagi para pengunjung yang datang, Waduk Sermo Kulon Progo tidak terlepas dari misteri yang dipercaya masyarakat sekitar, salah satunya kehadiran ikan setan.

Konon, ikan ini merupakan seekor ikan yang besar dan sangat ganas. Ia sering menampakan dirinya kepada orang-orang yang berenang di waduk.

Bahkan, kabarnya jika ada orang yang melihat ikan ini nantinya bisa mengalami hal sial. Mulai dari jatuh sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Ada juga misteri atau mitos lain tentang Waduk Sermo ini, yaitu tentang makam seseorang bernama Mbah Sermo.

Sumber: