Perbaikan Jalan Warureja-Kedungjati Kabupaten Tegal Selesai Awal November, Anggaran Rp13 Miliar

Perbaikan Jalan Warureja-Kedungjati Kabupaten Tegal Selesai Awal November, Anggaran Rp13 Miliar

TINJAUAN- Bupati Tegal Umi Azizah saat meninjau perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Warureja, Jumat 25 Agustus 2023.-Humas Pemkab Tegal-

RADAR TEGAL- Perbaikan Jalan Warureja-Kedungjati Kabupaten Tegal diperkirakan bakal selesai awal November 2023. Anggaran untuk pembangunan rigid beton jalan tersebut mencapai Rp13 miliar. 

Anggaran perbaikan jalan berupa perluasan dan pengerasan sepanjang 10 kilometer itu berasal dari pendanaan APBD Kabupaten Tegal senilai Rp4 miliar. Selebihnya Rp9 miliar dari bantuan APBD Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo menyampaikan hal itu usai meninjau progres pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan bersama Bupati Tegal Umi Azizah di wilayah Kecamatan Warureja, Jumat 25 Agustus 2023.

Teguh menuturkan, progres pekerjaan dari anggaran APBD Kabupaten Tegal sudah tuntas dikerjakan. Dengan spesifikasi perbaikan berupa pelebaran jalan menggunakan rigid beton yang dilapisi Aspal Laston Lapis Aus (AC-WC) atau aspal lapisan paling atas. 

BACA JUGA:Cek Perbaikan Jalan Jumo-Muntung Temanggung, Ganjar Minta Operasi Penegakan Hukum Pengguna Jalan

BACA JUGA:Sidak Perbaikan Jalan Werdi-Rowoyoso-Semut, DPRD Kabupaten Pekalongan Temukan Ini

Sementara untuk pekerjaan dari anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah kemajuannya baru mencapai 28 persen.

Selain itu juga terdapat pekerjaan perbaikan jalan berupa peningkatan kualitas jalan pada ruas Jalan Sigentong-Kreman dengan rencana panjang 900 meter dan lebar empat sampai lima meter yang ditargetkan selesai bulan Oktober 2023 mendatang. 

Untuk pekerjaan serupa pada ruas Jalan Kendayakan yang berbatasan dengan Dukuh Bandung, Kabupaten Pemalang progresnya mencapai 90 persen.

Terkait itu, Teguh pun menyampaikan laporannya per Juli 2023. Kemajuan pekerjaan pembangunan atau perbaikan maupun pemeliharaan jalan dari anggaran pendanaan APBD Kabupaten Tegal secara keseluruhan belum mencapai 50 persen. 

BACA JUGA:Monev Perbaikan Jalan Cikakak-Banjarharjo, DPU : Realisasi Sudah 88,757 Persen

BACA JUGA:Ganjar Cek Hasil Perbaikan Jalan Kolaborasi Pemprov Jateng dan Pemkab Grobogan

Menurutnya, ini terjadi karena ada beberapa ruas jalan yang belum diperiksa  hasil pekerjaannya dan dicairkan terminasi anggarannya.

“Dari hampir 400 paket pekerjaan di bidang jalan dan jembatan secara kumulatif sudah 90 persen progres pekerjaannya di lapangan selesai. Apalagi yang nilainya di bawah Rp200 juta. Namun di sini masih banyak hasil pekerjaan yang belum diperiksa dan ada beberapa yang belum dicairkan anggarannya,” tuturnya.

Sumber: