Sejarah dan Mitos Goa Maharani, Ada Sosok Sosok Roro Ayu Mantili hingga Sumur Berbentuk Mulut Naga

Sejarah dan Mitos Goa Maharani, Ada Sosok Sosok Roro Ayu Mantili hingga Sumur Berbentuk Mulut Naga

Sejarah dan mitos Goa Maharani-Tangkapan layar YouTube/ELHA Channel-

RADAR TEGAL – Goa Maharani yang berada di Lamongan ini memiliki sejarah dan mitos unik. Salah satunya konon berkaitan dengan sosok Roro Ayu Mantili. 

Sejarah dan mitos seputar Goa Maharani sudah diketahui sebagian besar masyarakat hingga wisatawan luar. Apalagi, goa ini termasuk salah satu objek wisata populer di Jawa Timur.

Melansir dari berbagai sumber, berikut informasi tentang sejarah dan mitos Goa Maharani. Anda yang suka dengan suasana wisata goa, wajib melipir ke tempat ini!

Sejarah goa

Goa ini juga disebut sebagai Goa Istana Maharani yang ada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga goa sekitar 2.500 meter persegi.

BACA JUGA : Misteri Goa Pindul yang Mitosnya Tempat Semedi Raja Mataram I dan Ada Batu Bisa Buat Pria Jadi Perkasa

Dulu, Goa Maharani tidak sengaja ditemukan pada 6 Agustus 1992 yang kemudian dijadikan objek wisata pada 10 Maret 1994 oleh bupati Lamongan saat itu, yaitu Muhammad Faried.

Hingga kini, Goa Maharani menjadi salah satu objek wisata yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung.

Nama Maharani sendiri dinamakan oleh bupati saat itu, sebab sesuai dengan kecantikan sinarnya yang bermula dari usulan salah satu pekerja penemu goa tersebut.

Kabarnya si istri pekerja itu memimpikan tentang kecantikan di dalam Goa Maharani. Di dalam mimpinya, sang istri meliha cahaya bunga-bunga yang begitu indah dan dijaga 2 naga raksasa bermahkota.

Dua naga raksasa tersebut kemudian direalisasikan dalam bentuk patung naga dengan 2 burung garuda penjaga pintu masuk goa yang dinamakan Gerbang Paksi Tatsoko.

Keindahan di dalam goa

Sejarah yang begitu unik tentang Goa Maharani ini memiliki daya tarik tertentu di mata wisatawan. Apalagi keindahan di dalamnya yang bisa pengunjung saksikan.

BACA JUGA : Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

Sumber: