Misteri Goa Pindul yang Mitosnya Tempat Semedi Raja Mataram I dan Ada Batu Bisa Buat Pria Jadi Perkasa

Misteri Goa Pindul yang Mitosnya Tempat Semedi Raja Mataram I dan Ada Batu Bisa Buat Pria Jadi Perkasa

Misteri dan mitos Goa Pindul-Tangkapan layar YouTube/Sudadi Jayatama-

RADAR TEGAL – Goa Pindul merupakan salah satu objek populer di Gunungkidul yang menyimpan misteri dan mitos serta hal mistis. Banyak cerita yang menyelimuti goa ini dan konon berkaitan dengan jaman Kerajaan Mataram.

Misteri Goa Pindul memang terbilang seram dan aura mistisnya bahkan terasa bagi siapa saja yang berada di goa ini. Meski begitu, wisatawan tetap tertarik datang untuk menyusuri sungai bawah tanah di goa ini sekaligus melihat keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada.

Untuk selengkapnya, berikut ini informasi singkat beserta mitos dan misteri di Goa Pindul. Anda yang tertarik untuk merasakan atmosfernya, wajib membaca tulisan ini hingga akhir.

Awal mula penamaan goa

Berdasarkan cerita di masyarakat, nama goa ini berkaitan dengan cikal bakal Keraton Mataram Islam, yaitu asal mula Ngayogyakarto Hadiningrat.

Ceritanya berawal dari perjalanan tokoh Mataram bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan.

Keduanya mendapatkan perintah dari Panembahan Senopati di Kerajaan Mataram untuk membuh bayi laki-lakinya, yang merupakan buah cinta dari putri Panembahan Senopati bernama Mangir Wonoboyo.

BACA JUGA : Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

Dalam perjalanan, mereka tiga tega membunuh sang bayi itu dan akhirnya mereka memutuskan pergi ke arah Gunungkidul, kemudian tiba di suatu dusun di daerah Karangmojo.

Disana mereka menggelar tikar sebagai alas tidur untuk beristirahat. Dusun yang menjadi tempat mereka menggelar tikar itu dinamakan Gelaran.

Saat mereka beristirahat, sang bayi terus-terusan menangis. Lelah dengan berbagai cara dan tidak berhasil membuat bayi tersebut tenang, akhirnya mereka berinisiatif memandikan sang bayi.

Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit dan menginjak tanah di puncak bukit tersebut. Melalui kesaktiannya, tanah di bawah pijakannya runtuh dan nampak seperti menganga sebuah lubang yang ada aliran air di bawahnya.

Bayi tersebut kemudian dibawa turun dan dimandikan di dalam goa itu. Saat memandikannya, pipi sang bayi tidak sengaja terbentur atau dalam bahasa Jawa disebut kebendhul batu di dalam goa itu. Oleh sebab itulah masyarakat setempat menamakan goa itu sebagai Goa Pindul.

Ada juga legenda lainnya yang menyebutkan bahwa Goa Pindul ini berasal dari kisah Ki Joko Singlulung. Mitos Gua Pindul satu ini menyebutkan dulunya ada seorang anak yang sedang mencari Ayahnya yang bermaa Joko Singlulung.

Sumber: