Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

Mitos Goa Hawang di Maluku Tenggara-Tangkapan layar YouTube/Walken Tour-

RADAR TEGAL – Goa Hawang di Maluku menyimpan mitos yang masih banyak orang percayai bahkan hingga saat ini. Sering terkenal dengan nama goa setan di bawah laut, konon goa ini bisa memberikan beberapa hal tidak terduga bagi siapa saja yang datang.

Mitos tentang Goa Hawang yang berada tepatnya ada di Maluku Tenggara ini cukup menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi, tempat wisata satu ini juga menawarkan pemandangan laut yang indah dengan air yang super jernih.

Terlepas dari mitos tentang Goa Hawang di Maluku ini, goa ini juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang begitu khas, sehingga menambah daya tarik tempat satu ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini tentang Goa Hawang beserta mitos yang beredar di masyarakat.

Pesona Goa Hawang

Nama Goa Hawang ini berasal dari bahasa masyarakat Pulau Kei Kecil Maluku Tenggara sendiri, yaitu yang berarti setan atau arwah. Maka tidak heran Goa Hawang juga disebut dengan goa setan.

Masyarakat memberikan nama ini karena percaya bahwa goa ini adalah tempat para leluhur mereka tinggal. 

BACA JUGA : 6 Mitos Air Terjun Grojogan Sewu, Salah Satunya Konon Terbuat dari Air Mata Roro Jonggrang

Bukan selayaknya goa biasa, Goa Hawang memiliki pesona yang sangat menarik. Goa ini memiliki kolam air yang sangat jernih, bahkan pengunjung bisa melihat dengan jelas dasar kolam secara langsung.

Jika wisatawan ingin berenang di goa yang berair jernih, maka bisa masuk ke goa kedua yang letaknya agak dalam.

Air Goa Hawang masih masyarakat setempat gunakan untuk sehari-hari karena rasanya tawar. Sementara, goa yang bisa dikunjungi wisatawan airnya merupakan air payau.

Air di Goa Hawang berasal dari tanah yang terhubung dengan mata air Evu, yaitu sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei Kecil.

Jarak antar Goa Hawang dan goa kedua yang diperuntukan untuk wisatawan ini tidak begitu jauh, hanya sekitar 15 meter yang dihubungkan dengan sungai bawah tanah.

Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan menarik bagi wisatawan yang ingin berenang di air jernih mata air Evu. Wisatawan harus melewati sungai bawah tanah terlebih dulu untuk sampai ke sumber mata air tersebut.

Tidak hanya menawarkan air yang begitu jernih, daya tarik lainnya yang bisa wisatawan lihat adalah stalaktit dan stalakmit dari Goa Hawang ini, yang usianya diperkirakan prosesnya sudah sejak ribuan tahun.

Sumber: