Mumpung Masih Muda! 9 Tips Membeli Rumah Tanpa Riba, Kalian Wajib Tahu

Mumpung Masih Muda! 9 Tips Membeli Rumah Tanpa Riba, Kalian Wajib Tahu

Tips Membeli Rumah Tanpa Riba-duniafintech.com-

Anda bisa mengalokasikan sekitar 30% dari penghasilan bulanan Anda untuk ditabung.

Selain itu, menentukan tujuan waktu dan estimasi biaya untuk membeli rumah juga sangat penting. 

Dengan begitu, Anda akan lebih termotivasi untuk secara rutin menabung, sehingga impian membeli rumah dapat tercapai dalam waktu yang diinginkan.

3. Membangun rumah secara bertahap

Alternatif lain untuk membeli rumah tanpa riba adalah dengan cara membangun rumah secara bertahap. 

Jika uang yang diperlukan untuk membeli rumah belum mencukupi, maka disarankan untuk menggunakan anggaran yang ada untuk membangun rumah secara berangsur-angsur.

Kalian bisa memulainya dengan membeli lahan terlebih dahulu. Umumnya, harga tanah lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli rumah secara utuh. 

Setelah terkumpul dana yang cukup, langkah berikutnya adalah memulai pembangunan rumah hingga selesai dan siap untuk dihuni.

Meskipun memerlukan waktu yang lebih lama, pendekatan ini adalah tips yang baik untuk membeli rumah tanpa riba serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:6 KTA Online Terbaik 2023, Resmi OJK Dijamin Data Aman

4. Berinvestasi sejak masih muda

Kadang-kadang, meski sudah berusaha menabung, impian untuk membeli rumah mungkin belum terwujud. Terlebih lagi, harga rumah cenderung naik setiap tahunnya.

Untuk menjaga agar uang tabungan Anda tetap bernilai dan tidak terkikis oleh inflasi, sebaiknya pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian gaji Anda pada instrumen investasi yang cocok.

Anda juga dapat mengatur sebagian gaji Anda untuk diinvestasikan secara teratur. Walaupun hasil dari investasi tidak selalu dapat diprediksi. 

Pendekatan ini memiliki potensi untuk menghasilkan pertumbuhan nilai yang lebih besar daripada sekadar menabung.

Sumber: