10 Mitos Orang Jawa yang Dianggap Masuk Akal dan Ada Penjelasan Ilmiahnya, Tidak Melulu Mistis

10 Mitos Orang Jawa yang Dianggap Masuk Akal dan Ada Penjelasan Ilmiahnya, Tidak Melulu Mistis

Ilustrasi. Mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan penjelasan ilmiahnya-freepik-

Hal ini termasuk mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan ada penjelasan ilmiahnya, sebab bantal memang diperuntukan untuk kepala. Jadi, kurang etis rasanya jika diduduki atau digunakan untuk kaki. 

5) Gadis makan sayap ayam bisa sulit dapat jodoh

Selain duduk di depan pintu, anak perempuan yang makan sayap ayam konon bisa sulit mendapatkan jodoh. Padahal, secara ilmiahnya sayap ayam mengandung lemak yang tinggi.

Jika hormon tidak stabil dan kebanyakan makan yang berlemak, maka bisa memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, jika kondisi kulit sedang tidak baik, bisa sulit nantinya mendapatkan pasangan. Namun, hal ini kembali lagi hanya sekedar pemahaman.

BACA JUGA : 15 Mitos dalam Kehidupan Masyarakat Jawa, Nomor 6 Sering Ngga Sengaja

6) Bersiul di malam hari bisa memanggil makhluk halus

Mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal ini ada penjelasan ilmiahnya, namun tidak berkaitan dengan makhluk halus.

Bersiul pada malam hari bisa mengganggu tetangga sekitar, apalagi suasananya cukup hening di waktu malam. Selain itu, malam hari juga waktunya untuk beristirahat. Jadi, mitos ini lebih mengarah ke kesopanan, agar tidak siulannya tidak mengganggu sekitar.

7) Dilarang potong kuku saat malam

Tidak hanya bersiul, orang tua juga selalu mengingatkan agar tidak potong kuku saat malam hari. Namun, secara penjelasan ilmiahnya, memotong kuku di malam hari memang kurang tepat.

Dulu, kehidupan orang tua kita sangat minim pencahayaan maupun listrik untuk penerangan. Maka dari itu dikhawatirkan jika memotong kuku saat malam hari bisa membuat tangan terluka.

8) Keluar saat maghrib bisa diculik wewe gombel

Ternyata hal ini termasuk mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan ada penjelasan ilmiahnya. Bukan berkaitan dengan hal mistis, namun anak-anak selalu diminta agar tidak keluyuran saat maghrib, sebab waktu ini merupakan waktu untuk ibadah atau istirahat.

BACA JUGA : 5 Mitos Tanda Seseorang Dekat dengan Kematiannya Menurut Primbon Jawa, Mendadak Jadi Penyayang?

9) Jangan mengenakan pakaian hijau ke pantai

Sumber: