10 Mitos Orang Jawa yang Dianggap Masuk Akal dan Ada Penjelasan Ilmiahnya, Tidak Melulu Mistis

10 Mitos Orang Jawa yang Dianggap Masuk Akal dan Ada Penjelasan Ilmiahnya, Tidak Melulu Mistis

Ilustrasi. Mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan penjelasan ilmiahnya-freepik-

RADAR TEGAL – Beberapa mitos orang Jawa ini dianggap masuk akal dan memiliki penjelasan ilmiahnya. Biasanya memang mitos yang berkembang di masyarakat sering dikaitkan dengan hal mistis tidak logis.

Namun, mitos orang Jawa ini dianggap masuk akal dan ada penjelasan ilmiahnya dengan tujuan tertentu. Maka dari itu para orang tua jaman sekarang masih memberi tahu anak-anaknya tentang mitos-mitos ini.

Berikut ini 10 mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan memiliki penjelasan ilmiahnya. Salah satunya soal larangan mengenakan baju hijau ke pantai yang tidak melulu berhubungan dengan sosok sang penguasa pantai.

10 mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan penjelasan ilmiahnya

1) Bisa mendapat suami brewokan jika tidak menyapu dengan bersih

Konon, jika anak perempuan yang tidak menyapu dengan bersih, kelak bisa mendapatkan suami yang brewokan. 

Hal ini tentunya tidak ada hubungan jika dipikir secara logika, namun mitos ini cukup membantu agar perempuan ketika menyapu benar-benar sampai bersih.

2) Sulit mendapatkan jodoh jika duduk di depan pintu

Hal ini termasuk mitos orang Jawa yang dianggap masuk akal dan ada penjelasan ilmiahnya, sebab pintu sebagaimana kita tahu merupakan akses keluar masuk seseorang.

BACA JUGA : Misteri dan Mitos Pulau Onrust Kepulauan Seribu, Jadi Tempat Isolasi Penyakit Berbahaya hingga Tahanan

Jika duduk di depan pintu, khususnya bagi anak perempuan, dipercaya bisa sulit mendapatkan jodoh. Padahal, hal ini berkaitan dengan sopan santun, karena duduk di depan pintu bisa menghalangi jalan orang lain.

3) Makan menggunakan tutup piring

Tutup piring sebagaimana kita tahu bahwa fungsinya memang untuk menutup makanan. Jika makan sesuatu, lebih baik menggunakan piring sebagaimana fungsinya. 

4) Duduk di atas bantal bisa bisulan

Sumber: