10 Gunung Suci di Dunia, Salah Satunya Diyakini Sebagai Tempat Diturunkannya Nabi Adam AS ke Bumi

10 Gunung Suci di Dunia, Salah Satunya Diyakini Sebagai Tempat Diturunkannya Nabi Adam AS ke Bumi

Gunung Agung di Bali, Indonesia merupakan salah satu gunung suci di dunia, utamanya bagi umat Hindu di Indonesia.-foto: sekretariat kabinet-

RADAR TEGAL - Gunung adalah bagian kerak bumi yang lebih tinggi dari area di sekitarnya. Di bumi banyak sekali terdapat gunung, bahkan 10 di antaranya dianggap sebagai gunung suci di dunia.

Gunung biasanya memiliki sisi curam, dan berbeda dengan dataran tinggi, karena memiliki daerah puncak yang terbatas serta lebih besar dari sebuah bukit. Gunung juga merupakan bentuk permukaan tanah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah di sekelilingnya.

Suatu daerah bisa dikatakan gunung jika memiliki puncak lebih dari 2000 kaki atau 610 meter, termasuk 10 gunung suci yang ada di dunia. Gunung bisa jadi memiliki satu puncak atau merupakan salah satu bagian dari beberapa gunung.

Sekelompok gunung yang berdekatan disebut dengan pegunungan. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari dua macam kejadian alam, yaitu tumbukan lempeng benua atau patahan lokal, dan keluarnya material dari perut bumi atau magma dari dalam bumi secara konsisten.

10 gunung suci di dunia

 

Perlu diketahui, gunung banyak mempunyai funsi seperti sebagai pengendali sumber air, tempat hidup tanaman dan binatang, dan penghasil mineral. Selain itu gunung juga merupakan tempat beraktivitas, penahan dan pengatur angin, penyubur tanah dan lain-lainnya.  

Nah, di dunia ini banyak sekali terdapat gunung suci yang sebagian di antaranya disakralkan keberadaannya. Bahkan anggapan tersebut berkembang sejak sebelum masehi, turun temurun hingga saat ini antara lain:

1. Gunung Sinai, Mesir

Salah satu gunung yang dianggap suci di dunia adalah Gunung Sinai yang berada di Semenanjung Sinai, Mesir. Gunung Sinai atau disebut juga Jabal Musa disakralkan umat Muslim dan Kristiani, karena di puncaknya terdapat gereja Kristen Ortodoks dan masjid.

Gunung ini dipercaya sebagai tempat Tuhan berbicara kepada Nabi Musa AS, sekaligus memberinya 10 Perintah. Kepercayaan ini telah menarik banyak peziarah datang ke Gunung Sinai selama lebih dari seribu tahun lalu hingga sekarang.

2. Gunung Machu Picchu, Peru

Di Peru ada Gunung Machu Picchu yang dianggap sebagai tempat paling keramat di seantero negara beribukota Lima itu. Ini tak lain karena peninggalan suku Inca yang pernah membangun peradaban di kawasan tersebut.

Selama ribuan tahun, Machu Picchu dianggap suci lantaran bangsa Inca juga percaya terhadap kekuatan alam. Sisa peninggalan observatorium menunjukkan kalau bangsa Inca berkontemplasi lewat gugusan bintang.

Sumber: