4 Puncak Gunung Ciremai dan 2 Kawahnya Penuh Misteri dan Mitos, Paling Terkenal Jadi Padepokan Nini Pelet

4 Puncak Gunung Ciremai dan 2 Kawahnya Penuh Misteri dan Mitos, Paling Terkenal Jadi Padepokan Nini Pelet

Dua kawah di puncak Gunung Ciremai di Cirebon merupakan salah satu kekhasan gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.-foto: radar cirebon/dnn-

Gunung dengan kawah ganda

Tidak hanya mempunyai empat titik puncak, gunung ini juga memiliki dua kawah ganda pada bagian puncaknya, yaitu kawah Barat dan Kawah Timur. Kawah Barat usianya lebih tua dibandingkan Kawah Timur.

Kawah Barat terbentuk pada tahun 1698, sedangkan Kawah Timur terbentuk pada tahun 1924. Kawah Barat di puncak Gunung Ciremai mempunyai bentuk setengah lingkaran, sementara kawah Timur berbentuk bulat.

Kawah Barat memiliki radius sekitar 400 meter dan terpotong oleh kawah Timur yang mempunyai radius 600 meter dan kedalaman sekitar 250 meter. Itulah sedikit informasi tentang kondisi alam Taman Nasional Gunung Ciremai yang bisa jadi rekomendasi untuk para pecinta pendaki gunung.

Demikian informasi tentang kekhasan puncak Gunung Ciremai, yang kerap dihubung-hubungkan dengan cerita misteri dan mitos. Salah satu yang paling diingat dan legendaris adalah cerita misteri padepokan Nini Pelet. (*)

Sumber: