4 Puncak Gunung Ciremai dan 2 Kawahnya Penuh Misteri dan Mitos, Paling Terkenal Jadi Padepokan Nini Pelet

4 Puncak Gunung Ciremai dan 2 Kawahnya Penuh Misteri dan Mitos, Paling Terkenal Jadi Padepokan Nini Pelet

Dua kawah di puncak Gunung Ciremai di Cirebon merupakan salah satu kekhasan gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut.-foto: radar cirebon/dnn-

RADAR TEGAL - Pamali di puncak Gunung Ciremai merupakan salah satu kearifan lokal yang dipercaya warga sekitar dan para pendaki. Gunung ini berada di Kabuaten Majalengka, Cirebon, dan Kuningan, Jawa Barat.

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini menjadi salah satu tempat pendakian favorit bagi para pecinta pendaki di Tanah Air. Kawasannya mempunyai iklim dengan tipe B dan C dengan curah hujan rata-rata 2000-4000 mm per tahun. 

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) berdasarkan letak geografis puncak berada pada 108020' BT-108040' BT dan 6040' LS-6058' LS. Sehingga mempunyai temperatur bulanan berada di kisaran 180-240 C, dan pada umunya angin bertiup dari arah selatan dan tenggara.

Pada bulan Agustus seperti saat ini, angin bertiup dari Barat Laut yang biasanya mulai terjadi pada bulan April. Para pendaki bisa melakukan perjalanan pendakian ke puncak melalui 2 wilayah, yaitu Majalengka dan Kuningan.

5 jalur pendakian

Di ketiga jalur itu terdapat sarana dan prasarana untuk memudahkan perjalanan pendakian, dengan kondisi jalan yang baik. Ada 5 jalur resmi pendaki ke puncak Gunung Ciremai, yaitu jalur Linggajati,  Lingasana, Patulungan, Apuy, dan Trisakti Sadarehe. 

Tiga jalur pendakian terdapat di Kabupaten Kuningan. Antara lain Linggasana di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus; Palutungan di Dusun Palutungan, Cisantana, Cigugur; dan Linggarjati di Desa Linggarjati, Cilimus.

Sedangkan dua jalur pendakian ke puncak Gunung Ciremai lainnya berada di Kabupaten Majalengka. Yaitu Jalur Pendakian Apuy di Desa Argamukti, Argapura dan Jalur Pendakian Trisakti Sadarehe yang terletak di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh.

Sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, puncak paling tinggi berada di ketinggian sekitar 3.078 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawasan gunung ini umumnya berbentuk yaitu berombak, berbukit, dan bergunung dengan bentuk kerucut pada bagian puncaknya.

Terdapat 4 puncak utama Gunung Ciremai yang mengelilingi sekitar kawah, masing-masing adalah:

1. Puncak Sunan Cirebon, merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3078 mdpl, berada di bagian Utara.

2. Puncak Mataram, memiliki ketinggian sekitar 3056 m dpl, terletak di bagian Selatan.

3. Puncak Pangeran Telaga, merupakan puncak Gunung Ciremai terletak di bagian barat dengan memiliki ketinggian sekitar 3.056 mdpl.

4. Puncak Pengasinan, merupakan puncak paling rendah dibanding yang lainnya, terletak di bagian timur dengan ketinggian sekitar 3027 mdpl.

Sumber: