Selama Pandemi tidak Digelar, Ribuan Warga Antusias Tonton Karnaval Pembangunan

Selama Pandemi tidak Digelar, Ribuan Warga Antusias Tonton Karnaval Pembangunan

Peserta karnaval menampilkan kreasinya di Karnaval Pembangunan HUT RI ke-78.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Selama pandemi Covid-19, karnaval pembangunan HUT RI ke-78 di Brebes akhirnya digelar, Minggu, 20 Agustus 2023. Bahkan, ribuan masyarakat Brebes nampak antusias menonton karnaval tersebut.

Karnaval pembangunan digelar dari Gedung DPRD hingga Makodim 0713 brebes yang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Ribuan warga rela berdesak-desakan untuk melihat karnaval tersebut. 

Untuk panggung kehormatan berada di depan Kantor KONI yang dihadiri sejumlah pejabat Forkominda dan Kepala OPD. Setiap peserta karnaval akan menampilkan display keunggulan masing masing di depan panggung kehormatan.

Koordinator panitia Karnaval Pembangunan, Sutaryono mengatakan, karnaval pembangunan ini baru dilaksanakan setelah masa pandemi Covid-19 berakhir. Untuk pelaksanaannya sendiri panitia melakukan pertimbangan yang sangat matang, dan ternyata antusias warga begitu besar.

"Masyarakat sangat antusias menyaksikan karnaval pembangunan HUT RI ke-78. Kita tahu sejak pandemi ini baru ada lagi karnaval, dan kenyataanya sambutan masyarakat luar biasa," ujarnya. 

Panitia Karnaval, Wijanarto menyampaikan, untuk karnaval tahun ini ada 84 kontingen peserta. Adapun kontingen itu mewakili lembaga atau institusi dan sekolah. Untuk satu kontingen bisa membawa peserta 70 sampai 100 orang, sehingga keseluruhan peserta bisa mencapai ribuan orang. 

"Ini ditambah lagi dengan membawa properti sesuai tema yang dibawakan masing masing kontingen. Jadi cukup banyak, cukup antusias, baik peserta maupun warga yang menyaksikan," jelansya.

Untuk pengaturan arus lalu lintas, lanjut Wijanarto, panitia sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Brebes, TNI, Satpol PP dan Dishub Brebes, untuk mengalihkan arus lalu lintas mobil pribadi dan sepeda motor dari timur maupun barat untuk melalui Jalan Jendaral Ahmad Yani. 

"Kendaraan besar seperti truk dari arah timu diarahkan masuk ke jalur tol di pintu tol Brebes Timur dan di pintu tol Brebes Barat. Sedangkan darah barat ada jalan lingkar utara, sehingga kemacetan kali ini bisa benar benar teratasi," pungkasnya.***

Sumber: