Terbentuk Karena Erupsi Gunung, Misteri Gua Lawa di Purbalingga yang Saat Ini Jadi Wisata Menarik Keluarga

Terbentuk Karena Erupsi Gunung, Misteri Gua Lawa di Purbalingga yang Saat Ini Jadi Wisata Menarik Keluarga

penampakan misteri Gua lawa--youtube/TH.2 TV

RADAR TEGAL-Pemandangannya yang indah membuat lokasi ini sangat layak menjadi sebuah wisata. Namun, ada juga misteri Gua lawa yang menjadi hal yang menarik untuk kita bahas.

Kita tidak akan tahu bagaimana misteri Gua lawa tanpa kita datang dan merasakan suasananya sendiri. Oleh karena itu, ayo datang ke wisata dan sambil mengetahui sejarah dari wisata ini.

Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Misteri Gua lawa ini menarik untuk kita bahas karena berhubungan dengan Gunung Slamet dan Kerajaan Galuh purba.

Ada yang sudah pernah datang dan menikmati suasana di lokasi ini? Apa yang kamu rasakan ketika berada di dalam Gua lawa?

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan memngulas tentang misteri Gua lawa. Sebelumnya, coba baca artikel tentang Misteri Kerajaan Tertua di Jawa, Sebenarnya Ada di Kabupaten Purbalingga? di situs yang terpercaya ini.

Misteri Gua Lawa di Purbalingga

Saat ini wisata ini sudah punya fasilitas dan pemandangan yang lengkap dan indah. Wisata ini dikelilingi oleh pohon rindang dan bunga yang cantik.

Untuk menambah pasokan di dalam udara, pengelola membuat sebuah ventilasi. Bentuk ventilasi seperti atap bulat yang berada di permukaan tanah.

Dengan adanya ventilasi ini membuat udara di dalam gua sangat sejuk. Untuk mencapai ke mulut gua, kita perlu berjalan kaki dari tempat parkir ke mulut gua.

BACA JUGA:Salah Satu Keturunan Sultan Agung Menyiarkan Agama Islam di Tegal? Ini Dia Sosok Pangeran Purbaya Tegal

Keindahan pada gua ini bisa kita nikmati dengan melihat dinding-dinding gua. Untuk menambah keindahan di dalam gua, pengelola menambah lampu-lampu hiasan.

Di dalam gua ini juga memiliki sebuah mata air dan juga sendang di dalamnya. Hal ini membuat tempat ini seakan nyaman dihuni pada masa lalu.

Cerita masa lalu Gua lawa

Melansir dari youtube TH.2 TV, berdasarkan dari penjaga yang gua lawa, konon dahulu tempat ini adalah tempat pertemuan dari para putra dan putri kerajaan Galuh Purba.

Jika diambil maka peradaban pada itu sekitar tahun ke-8 hingga ke-9 Masehi. Garis besar yang ada lurus dengan kisah resi Sindulla yang memilih menjadi resik dari pada di kerajaan.

Pemerintahan selanjutnya dari kerajaan Galuh purba adalah bukan dari trah keturunan raja Sindulla. Konon putra dan putri dari resik Sindulla diminta menjauh sejauh mungkin dari kerajaannya.

Sumber: