HUT ke-78 Kemerdekaan RI, BI Umumkan Ujucoba QRIS Antara Indonesia-Singapura

HUT ke-78 Kemerdekaan RI, BI Umumkan Ujucoba QRIS Antara Indonesia-Singapura

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI di BI Tegal--

RADAR TEGAL - Bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Bank Indonesia (BI) meluncurkan fitur baru standar kode QR nasional atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Selain itu, juga mengumumkan ujicoba QRIS antar negara.

Hal itu terungkap saat digelarnya upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kantor Perwakilan Tegal, Kamis 17 Agustus 2023 pagi. Pejabat Setingkat Deputi Direktur, Marwadi, langsung memimpin kegiatan upacara tersebut. 

Marwadi, dalam sambutannya mengatakan, peluncuran QRIS Tuntas menjadi bentuk kontribusi BI bagi negeri dan pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan. Itu, sebagai bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran (BSPI) 2025.

Menurut Mawardi, target implementasi QRIS untuk penyedia jasa pembayaran (PJP) paling cepat 1 September dan selambat-lambatnya 30 November 2023. Tujuan peluncuran QRIS Tuntas sendiri untuk mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital.

"Sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu, BI juga mengumumkan dimulainya uji coba QRIS Antar negara, yakni Indonesia Singapura,"tandasnya.

Mawardi menyebut, untuk QRIS Tuntas dikembangkan BI bersinergi dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Implementasinya akan didukung dengan skema harga yang efisien dibandingkan biaya yang dikenakan industri saat ini.

"Peluncuran QRIS Tuntas telah melalui berbagai tahapan. Termasuk fase uji coba oleh industri,"tandasnya. 

Mawardi menambahkan, QRIS Tuntas mendorong inklusi melalui perluasan akses pembayaran digital kepada seluruh lapisan masyarakat. Khususnya masyarakat kecil dengan jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah pelosok atau wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

Sementara itu, untuk dapat menggunakan fitur QRIS Tuntas, pengguna perlu memindainya. Dengan menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank.

Serta, Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based. ***

Sumber: