UNIK! Upacara 17 Agustus 2023, Aktivis Lingkungan Brebes Gelar di Pulau Pasir

UNIK! Upacara 17 Agustus 2023, Aktivis Lingkungan Brebes Gelar di Pulau Pasir

UPACARA - Aktivis lingkungan beserta siswa sekolah mengikuti upacara 17 Agustus 2023 di Pulau Pasir Desa Kaliwlingi Brebes. -EKO FIDIYANTO/RADAR BREBES-

RADAR TEGAL - Upacara 17 Agustus 2023 yang digelar hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 berlangsung di berbagai tempat. Salah satu yang unik yang digelar aktivis lingkungan Brebes di Pulau Pasir.

Sekelonpok aktivis lingkungan ini memang memiliki cara tersendiri dalam merayakan HUT RI ke-78. Mereka menggelar upacara 17 Agustus 2023 di pulau pasir.

Selain upacara 17 Agustus 2023, mereka juga sekaligus menanam 50 ribu lebih bibit mangrove.

Sekretaris dan Operasional Manager Indonesia Indah Fondation Lisa Joesman mengatakan, pada momen hari kemerdekaan tahun ini, melakukan penanaman 50 ribu lebih bibit mangrove. Melalui penanaman ini, diharapkan bisa mengurangi gas karbon dan menambah oksigen.

BACA JUGA:Aksi Paramotor di Udara, Meriahkan Upacara Bendera HUT RI ke-78 di Rungkang-Losari

BACA JUGA:Unik, Upacara 17 Agustus di Margadana Tegal Gunakan Pakaian Daur Ulang Sampah dan Adat

"Tujuan kami untuk konservasi lingkungan. Kami tanam mangrove 50 ribu lebih di kawasan pesisir Desa Kaliwingi. Ke depan kita sangat membutuhkan lebih banyak pohon mangrove untuk mengurangi karbon dan menambah oksigen," ujar Lisa, Kamis 17 Agustus 2023 siang.

Lisa menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan edukasi kepada para pelajar. Karenanya, pada penanaman mangrove yang dirangkai dengan upacara 17 Agustus 2023 ini Lisa mengikutsertakan sejumlah pelajar.

"Untuk kalangan pelajar dan anak anak, ada program Kami Pahlawan Lingkungan. Maka hari ini melibatkan perwakilan tiga sekolah. Mereka ikut tanam mangrove untuk edukasi lebih dini," tambah Lisa.

Untuk penanaman, selain di pulau pasir, area yang ditanami mangrove berada kawasan Eksosistem Esensial Desa Kaliwlingi. Kawasan ini perlu mendapat perhatian karena untuk melindungi dari ancaman abrasi. 

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI, Ratusan Pelajar RA se Kabupaten Tegal Lomba Upacara Live di Medsos

BACA JUGA:Mengenal Kembali, Upacara Ngasa di Kampung Adat Jalawastu yang Dinobatkan WBTB Sejak 2019

Selain dihadiri para aktivis lingkungan, kegiatan upacara 17 Agustus 2023 ini juga mengikutsertakan sejumlah pelajar setempat. Beberapa instansi terkait di lingkungan Pemkab Brebes juga ikut pada kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan HUT kemerdekaan ini digelar di Pulau Pasir, masuk wilayah Pedukuhan Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. 

Untuk mencapai Pulau Pasir, peserta upacara 17 Agustus 2023 perlu menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh 15 menit. Di lokasi ini mereka menggelar upacara menyambut HUT RI. 

Meski sederhana, upacara 17 Agustus 2023 ini berlangsung khidmat. Kegiatan dilanjut menanam bibit mangrove di pulau tersebut. 

BACA JUGA:Peringatan HUT RI Ke-78, DPRD Brebes Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Presiden

BACA JUGA:Jelang HUT RI Ke-78, Ini Deretan Ucapan untuk Media Sosial

Pulau Pasir yang menjadi lokasi upacara 17 Agustus 2023 sendiri merupakan daratan kosong yang gundul dan kerap tenggelam saat terjadi air pasang. Karenanya, untuk melindungi dari abrasi, perlu ditanami mangrove sebagai sabuk pantai. ***

Sumber: