Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal Dorong Dinsos Kejar Kuota JKN

Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal Dorong Dinsos Kejar Kuota JKN

Reses Anggota DPRD/Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal Anshori Fakih mendorong agar dinas sosial mengejar pemenuhan kuota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Harapannya, nanti akan semakin banyak warga yang terlindungi jaminan kesehatan dalam rangka mendukung program Universal Health Coverage.

Hal itu, disampaikan Anshori Fakih saat menggelar reses, Sabtu 12 Agustus 2023 sore. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya menghadirkan antara lain Kepala Kelurahan Kejambon.

Menurut Anshori, dalam kegiatan reses tersebut pihaknya mendapatkan aspirasi dari warga masyarakat. Mulai dari pembangunan fisik dan non fisik.

"Salah satunya adalah terkait tentang jaminan kesehatan bagi warga yang tidak mampu,"katanya.

Anshori menyebut, berdasarkan pusat data dan informasi (Pusdatin) kuota JKN untuk Kota Tegal sebanyak 73.000. Sementara, Dinsos baru mengajukan 70.000.

Kemudian, kata Anshori Fakih, sejak Januari 2023 hingga saat ini ada data yang dinonaktifkan yakni sebanyak 7.000. Karenanya, pihaknya mendorong agar Dinsos melakukan percepatan untuk memenuhi kuota 73.000 sesuai dengan Pusdatin tersebut.

"Setidaknya, agar 70.000 data bisa terkejar untuk diusulkan. Dengan begitu, harapannya akan semakin banyak warga Kota Tegal yang terlindungi jaminan kesehatan"pungkasnya.

Wakil Ketua DPC PKB Bambang Irawan yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya selalu memperhatikan persoalan pendidikan dan kesehatan. Karenanya, saat ini dia berani mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif Provinsi Jawa Tengah.

"Dengan begitu, saya akan intens untuk mengupayakan agar program Provinsi Jawa Tengah dapat terlaksana di Kota Tegal,"pungkasnya. ***

 

 

Sumber: