Tidak Hiraukan Klakson Masinis, Perempuan di Brebes Meninggal Dunia Tertabrak Kereta Api

Tidak Hiraukan Klakson Masinis, Perempuan di Brebes Meninggal Dunia Tertabrak Kereta Api

EVAKUASI - Tim Polsek dan Puskesmas mengevakuasi jenazah perempuan tak dikenal yang tewas tertabrak KA.-SYAMSUL FALAQ/RADAR TEGAL -

RADAR TEGAL- Musibah yang menimpa pejalan kaki kembali terjadi. Kali ini seorang perempuan di Brebes meninggal dunia tertabrak Kereta Api (KA).

Perempuan tidak dikenal tersebut sebelumnya tampak tidak menghiraukan klakson masinis. Dia pun akhirnya tertabrak KA Kutojaya Utara pada Selasa 8 Agustus 2023 malam. 

Peristiwa tersebut sontak membuat gempar warga sekitar Dukuh Jatibungkus Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Padahal, masinis sudah membunyikan klakson semboyan 35 sebagai pertanda ada kereta yang akan melintas. 

Korban meninggal dunia setelah tertabrak KA yang melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan tinggi. Kondisi korban sangat mengenaskan saat ditemukan warga.

BACA JUGA:Identitas Korban Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Dampyak Tegal Terungkap

Jenazahnya ditemukan pertama kali oleh saksi mata Sherlyn Nur Syamsiyah, 24. Saksi mengaku, mendengar suara klakson KA dari arah Bumiayu menuju Jakarta sebanyak 10 kali. 

Setelah KA melintas, dia spontan melihat ke jendela warung belakang. Lalu di sana dia melihat jenazah perempuan tersebut dalam kondisi mengenaskan di rel kereta. 

Mengetahui hal ini, saksi langsung menghubungi kepala desa Kutamendala untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tonjong.

Berdasarkan hasil pemeriksaan fisik, ciri-ciri korban sama persis dengan perempuan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang diketahui salah satu saksi. Saksi Mustafirin, 36, yang bekerja sebagai penjaga kantin SPBU Karangsawah mengatakan, sebelum kejadian korban sering mondar mandir di area SPBU Karangsawah Kutamendala memungut sampah. 

Dia menyebutkan ciri persis dengan identifikasi fisik korban. Yakni, rambut ikal agak gimbal, kuku dan kulit hitam kusam tak terurus. 

Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq melalui Kapolsek Tonjong Iptu Teguh Adi Winarko mengungkapkan, pihaknya membenarkan terjadinya insiden perempuan tak dikenal meninggal dunia tertabrak KA Kutojaya Utara.

Tepatnya, pada Selasa 8 Agustus 2023 malam sekitar pukul 23.00 WIB. Lokasi kejadian, di KM 299 + 8/9 Jalur hilir antara Bumiayu-Jakarta. Yakni,  masuk Dukuh Jatibungkus Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong.

"Berdasarkan identifikasi, dugaan kuat korban merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa. Sebab, tidak ditemukan identitas apapun karena tubuh korban tampak tak terawat dan tanpa baju," ungkapnya saat dikonfirmasi Rabu 9 Agustus 2023 pagi.

BACA JUGA:Pria Tanpa Identitas di Tegal Tewas Mengenaskan Tertabarak Kereta Api

Laporan insiden korban tertabrak KA Kutojaya Utara, lanjut Teguh, berawal dari Kepala Desa Kutamendala Fathuri. Berdasarkan keterangan masinis KA 223 dengan loko CC 201 89 08 atas nama Dimas Galih sudah melakukan prosedur. Yakni, membunyikan klakson semboyan 35 tetapi korban tak menghiraukan. 

Akibatnya, korban tertabrak KA yang melintas dengan kecepatan tinggi hingga meninggal dunia.

"Luka yang dialami korban memang mengenaskan. Namun, jenazah sudah dibawa ke RSUD Bumiayu," ujarnya. ***

Sumber: