5 Fakta Menarik Centennial Light Bulb, Lampu Bohlam yang Bisa Menyala hingga Ratusan Tahun

5 Fakta Menarik Centennial Light Bulb, Lampu Bohlam yang Bisa Menyala hingga Ratusan Tahun

Fakta menarik centennial light bulb-centennialbulb.org-

RADAR TEGAL – Centennial light bulb atau sebutan lampu bohlam abadi ini menyimpan sejumlah fakta menarik dan memang jarang terdengar bagi sebagian orang. Tidak seperti lampu biasanya, jenis lampu satu ini punya kemampuan menyala yang sangat lama.

Salah satu fakta menarik centennial light bulb ini adalah kemampuannya yang bisa menyala hingga ratusan tahun. Hal inipun mengundang beberapa pendapat ahli tentang mengapa bisa lampu bohlam ini menyala begitu lamanya.

Untuk informasi selengkapnya, simak berikut ini 5 fakta menarik centennial light bulb yang dilansir dari berbagai sumber. Fakta nomor 5 pasti membuat Anda ingin mencobanya.

Pendapat ahli tentang centennial light bulb

Kemampuan lampu bohlam ini yang bisa menyala hingga ratusan tahun mengundang sejumlah pendapat yang mencuat ke publik. Berikut ini beberapa pendapatnya.

- Lampu bisa menyala 24 jam penuh dengan daya konsumsi yang sangat besar saat pertama kali dinyalakan. Sehingga, jika hidup dalam 24 jam penuh maka daya konsumsi lampu lebih kecil dibanding lampu bohlam yang sering dihidup matikan.

BACA JUGA : Dulunya Istana Kini Jadi Museum, Simak 5 Fakta Menarik Forbidden City di Beijing yang Dijaga Ratusan Kucing

- Komponen pembuat centennial light bulb adalah filamen pijar berbahan dasar karbon. Sementara pada lampu bohlam biasa menggunakan tungsten. Bahan karbon ini diyakini lebih baik dalam menghantarkan listrik dan delapan kali lebih tebal dibanding tungsten.

- Centennial light bulb memiliki penutup yang sangat apik, sehingga bisa menjaga ruang hampa yang membuat filamen tidak mudah hancur.

Sementara itu, berikut 5 fakta menarik tentang centennial light bulb atau lampu bohlam abadi ini.

5 fakta menarik centennial light bulb

1) Masuk dalam catatan Guinness World Records

Pada 1972 lampu bohlam abadi ini masuk dalam catatan Guinness World Records sebagai lampu dengan nyala terlama.

Lampu jenis ini berada di kantor pemadam kebakaran, Livemore, California, Amerika Serikat. Centennial light bulb telah menyala sejak 1901 dan masih tetap menyala hingga kurang lebih selama 120 tahun setelahnya.

Sumber: