4 Mitos Seputar Gadis Jawa, Banyak Pantangan yang Harus Dihindari, Nomor 2 Bisa Bikin Lama Jomblo

4 Mitos Seputar Gadis Jawa, Banyak Pantangan yang Harus Dihindari, Nomor 2 Bisa Bikin Lama Jomblo

4 Mitos Seputar Gadis Jawa, Benarkah berhubungan dengan pantangan-pantangan yang harus dihindari? pict-istockphoto--

radartegal.id - Jawa kerap disandingkan dengan adanya mitos-mitos yang tersebar melekat pada masyarakatnya, terutama pada gadis asli Jawa. Pada artikel kali ini kami akan membahas 4 mitos seputar gadis Jawa.

Apakah kamu salah satu gadis asal Jawa? benarkah keberadaan mitos-mitos tersebut? atau Anda salah satu yang mempercayainya?. Yuk ketahui lebih banyak soal 4 mitos seputar gadis Jawa yang akan kami bahas pada artikel di bawah ini.

Mitos-mitos Jawa sebagian besar berupa pantangan yang harus dihindari supaya tidak tertipa suatu musibah, terutama banyaknya pantangan untuk gadis Jawa tersebut. Berikut ini adalah pembahasan mengenai 4 mitos seputar gadis Jawa yang banyak dipercayai oleh masyarakatnya tersebut.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk kita simak bareng artikel dari radar tegal yang akan membahas 4 mitos seputar gadis Jawa. Benarkah berhubungan dengan pantangan-pantangan yang harus dihindari?.

BACA JUGA:Mitos Waduk Malahayu Brebes, Penunggunya Seekor Ular Raksasa Bernama Si Buntung

Mitos seputar gadis Jawa

1. Mitos tentang makanan

Pertama, mitos seputar gadis Jawa yang akan kami informasikan kepada Anda adalah terkait dengan makanan. Pada beberapa keluarga di Jawa masih banyak yang memegang pantangan terkait makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi karena suatu hal, seperti misalnya tidak boleh memakan beberapa selama masa menstruasi atau selama masa kehamilan.

Namun jenis makanan yang menjadi pantangan ini konon berbeda-beda antara keluarga atau daerah yang ada di Jawa.

2. Mitos tentang perilaku

Kedua, mitos seputar gadis Jawa yang akan kami informasikan kepada Anda selanjutnya adalah terkait dengan perilaku. Beberapa kebudayaan orang Jawa mempercayai bahwa ada pantangan tertentu tentang perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh gadis Jawa, seperti misalnya tidak boleh melangkahi orang yang sedang tidur, tidak boleh memotong kuku di malam hari, atau tidak boleh duduk di depan pintu. 

Adanya mitos tentang perilaku yang tidak boleh dilakukan oleh gadis Jawa ini punya pemaknaan tersendiri, yang konon jika dilakukan akan mendatangkan suatu kesialan. Seperti pantangan tidak boleh depan pintu yang dipercaya punya makna akan menghalangi jodoh yang akan datang mendekat.

Sedangkan pantangan memotong kuku di malam hari ada yang mengaitkannya dengan bentuk gangguan orang yang telah meninggal. Dan pantangan tentang tidak diperbolehkannya melangkahi orang tidur lebih mengarah pada adab, dimana menunjukkan prilaku yang tidak sopan apalagi jika yang melangkah tersebut adalah seorang gadis.

BACA JUGA:Bikin Resah para Pendaki! Ini Mitos Macan Merbabu yang Mengeluarkan Raungan Ganas

Sumber: