Ramai Polemik Nasab Habib dan Wali Songo, Ulama Banten: Engga Ada Manfaatnya Itu

Ramai Polemik Nasab Habib dan Wali Songo, Ulama Banten: Engga Ada Manfaatnya Itu

POLEMIK NASAB - KH Tubagus Fathul Adzim angkat bicara soal polemik nasab dalam sebuah pertemuan. Videonya kini beredar luas di media sosial. -Tangkapan Layar Youtube Beguru Ngaji-

RADAR TEGAL - Ramai polemik nasab habib dan wali songo rupanya sampai juga ke telinga ulama asal Banten, KH Tubagus Fathul Adzim. Menurutnya, polemik tersebut sudah semestinya dihentikan. 

Ulama kharismatik ini mengaku prihatin atas hal tersebut. Meski tidak menggunakan media sosial (medsos), dirinya mengetahui adanya polemik tersebut karena ada yang memberitahunya.

"Denger dari orang-orang, waduh rame katanya Bah, di medsos masalah nasab," ungkap KH Tubagus.

Karena dinilai tidak ada manfaatnya, polemik nasab habib dan wali songo menurutnya harus dihentikan.

"Termasuk Imad. Udah stop! Engga ada manfaatnya itu," tandasnya.

Dia pun meminta semua pihak yang berpolemik untuk kembali ke Al Quran. Mengingat kembali salah satu ayat yang menyinggung soal nasab. 

"Lita'arafu. Inna 'Akramakum `Inda Allāhi Atqākum, bukan Binasabikum. Atqokum. Pada harinya engga ada artinya itu," tegasnya. 

BACA JUGA:Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal

Merujuk pada arti ayat tersebut, menurut Al Quran, tidak ada gunanya meributkan soal nasab (nasabikum). Sebab pada akhirnya yang dinilai oleh Allah adalah tingkat ketakwaan seseorang (atqokum).

Diapun mengingatkan semua pihak untuk menahan diri. Pernyataan itu terungkap dalam sebuah pertemuan yang tampaknya dihadiri oleh para ulama perwakilan dari beberapa daerah di Indonesia.

Dikutip dari Radar Cirebon, potongan videonya ada di akun Youtube Beguru Ngaji. Tampak dalam video tersebut, KH Tubagus Fathul Adzim mengenakan pakaian serba putih. Dia tampak berbicara dengan penuh tekanan kepada para tamu yang hadir. 

Dia pun meminta agar setiap orang tidak lagi berpolemik mengenai nasab habib dan wali songo. Karena menurutnya, hal itu tidak ada gunanya. ***

Sumber: Radar Cirebon