6 Fakta Menarik Masjid Agung Demak, Masjid Tertua di Pulau Jawa Saat Ramadhan

6 Fakta Menarik Masjid Agung Demak, Masjid Tertua di Pulau Jawa Saat Ramadhan

MASJID- Fakta Menarik Masjid Agung Demak, Masjid Tertua di Pulau Jawa Saat Ramadhan--

RADAR TEGAL - Banyak fakta unik dari Masjid Agung Demak yang sebagian orang belum mengetahuinya. Fakta menarik Masjid Agung Demak sebagai salah satu jajaran masjid tertua di Pulau Jawa akan dibahas di tulisan ini.

Dalam sejarahnya, masjid ini dibangun oleh Raden Patah dari Kerajaan Demak yang dibantu Wali Songo pada abad ke-15 M saat itu. Ada beberapa fakta menarik Masjid Demak yang dapat Anda simak untuk menambah wawasan. 

Selain mengandung sejarah, masjid ini juga sering dijadikan tempat wisata religi saat Ramadhan. Yuk simak! Ini fakta menarik Masjid Agung Demak, salah satu tempat ngabuburit yang ramai pengunjung saat jelang berbuka.

Masjid ini berlokasi di Kampung Kauman, Kelurahan Bintaro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Berikut fakta menarik Masjid Agung Demak yang dirangkum dari beberapa sumber.

BACA JUGA: Masjid Agung Brebes, Simbol Kebijaksanaan Masyarakat Berusia Ratusan Tahun

6 Fakta menarik Masjid Agung Demak

1. Dahulu sebagai Tempat Berkumpulnya Wali Songo

Demak mendapatkan julukan Kota Wali. Hal ini karena Masjid Agung Demak dahulunya menjadi tempat berkumpulnya Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. 

Adanya ornamen bergambar bulus di dinding masjid sebagai simbol pembangunan masjid ini yaitu 1401. Raden Patah dengan Wali Songo bersama membangun masjid ini dengan simbol serupa bulus.

Itu merupakan candra sangkala memet yang bermakna "Sirno Ilang Kethaning Bumi"yang artinya "Hilang Lenyap Ketentraman Dunia".

2. Keunikan Arsitektur Masjid Agung Demak

Masjid ini memiliki bangunan dengan arsitektur tradisional Indonesia yang khas dan sarat akan makna. Secara keseluruhan desainya sederhana, anggun, indah, dan kharismatik, tetapi terkesan megah.

Dengan atap masjid berbentuk limas bersusun tiga yang menggambarkan akidah Islam yaitu iman, islam, dan ihsan. Selain itu masjid ini memiliki empat tiang utama di dalam masjid dibangun langsung oleh Wali Songo yang disebut Saka Tatal/Saka Guru.

BACA JUGA: Mirip Masjid Nabawi, Ini Sejarah Berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah

Sumber: