Mitos Waduk Malahayu Brebes, dari Air Jodoh Abadi Hingga Ular Besar

Mitos Waduk Malahayu Brebes, dari Air Jodoh Abadi Hingga Ular Besar

Waduk Malahayu Brebes--

RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Waduk Malahayu merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Kabupaten Brebes  tepatnya di Desa Malahayu. Berikut beragam mitos waduk Malahayu Brebes yang perlu Anda ketahui.

Tahukah Anda selain menawarkan pesona alam yang cukup indah, ternyata Waduk Malahayu ini juga menyimpan beragam misteri, lho.

BACA JUGA: Menelisik Lebih Dalam Sejarah Pembangunan Waduk Malahayu Brebes, Peninggalan Pemerintahan Belanda?

Mitos Waduk Malahayu Brebes

Salah satu mitos yang hidup di masyarakat sekitar Waduk Malahayu yakni bahwa pasangan pengantin baru yang datang ke tempat tersebut wajib membasuh muka dengan air waduk.

Sebab, konon katanya pasangan yang melaksanakan hal tersebut diyakini hubungannya akan langgeng dalam mengarungi rumah tangga.

Oleh sebab itu, hampir semua pasangan yang datang ke tempat tersebut menyempatkan untuk membasuh muka di air Waduk Mahalayu tersebut.

Dan yang uniknya lagi, Mereka kadang-kadang datang masih mnegenakan pakaian pengantin dengan diiringi oleh puluhan bahkan ratusan pengiring.

Tradisi tersebut dilaksanakan selain dipercaya mengandung berkah kelanggengan juga sebagai uapaya tolak bala.

Mitos lainnya yang berkembang di masyarakat yakni adanya makhluk astral yang berupa reptil “Ular Untung” yang hingga kini masih di percaya keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Ular tersebut diyakini menjaga Waduk Malahayu.

BACA JUGA: 4 Mitos Gunung Slamet via Guci Tegal yang Bikin Merinding

Pemanfaatan

Di samping sebagai sarana irigasi lahan pertanian di wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana,  Ketanggungan, Loasari, Tanjung, dan Bulakamba. Waduk ini juga dijadikan sebagai sarana pengendali banjir serta dimanfaatkan untuk rekreasi atau objek wisata.

Ketika Anda berkunjung, Anda akan menemukan panorama alam pegunungan dan perbukitan indah yang dikelilingi oleh hutan jati yang luas dan sering dijadikan sebagai bumi perkemahan dan  wana wisata.

Adapun berbagai fasilitas yang tersedia di objek wisata ini yakni kolam renang untuk anak, mainan anak, becak  air, perahu pesiar, perahu dayung, panggung terbuka, kamar mandi, WC, dana tempat parkir yang luas.

Selain itu, di Waduk Malahayu ini sering dilaksanakan aktivitas seperti balap parahu, lomba mancing, dan masih banyak lagi.

Penduduk setempat juga kerap mengguanakan perahu compreng untuk rekreasi air mengelilingi  waduk.

Tempat ini juga kerap diadakan Pekan wisata dengan menampilkan pentas orkes dangdut sebagai hibuaran pada saat hari Raya Idul Fitri tiba.

Tidak hanya itu, masyarakat sekitar pun sering kali melaksanakan Sedekah Waduk pada saat hari Raya Idul Fitri.

Untuk menuju bagian tepi Waduk Malahayu ini, Anda harus menaiki tangga waduk atau sebuah tanggul terlebih dahulu.

Pemandangan yang pertama kali nampak saat menaiki tangga tanggul di lokasi tersebut adalah sebuah pintu pembuangan air waduk pada bagian sebelah kanan.

BACA JUGA: Bikin Merinding Ternyata Ini Tiga Mitos Desa Guci di Tegal

Demikian ulasan mengenai Mitos Waduk Malahayu Brebes. Semoga bermanfaat.***      

Sumber: