Bikin Merinding Ternyata Ini Tiga Mitos Desa Guci di Tegal

Bikin Merinding Ternyata Ini Tiga Mitos Desa Guci di Tegal

Curug Cipendok--Portal Purwokerto

RADARTEGAL.DISWAY.ID  - Desa Guci yang terkenal dengan objek wisata pemandian air panas ternyata memiliki mitos-mitos yang berkaitan dengan kejadian supranatural. Berikut mitos desa Guci.

Desa Guci sendiri terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sebagai salah satu daerah wisata yang kaya akan sejarah dan budayanya. Guci juga mempunyai beberapa mitos dan cerita rakyat yang menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat sekitar.

Melansir dari m.mediaindonesia.com, berikut beragam mitos desa Guci.

BACA JUGA:  Di Desa Pengasinan Kabupaten Tegal Katanya Tidak Boleh Bangun Rumah Tingkat? Ini Penjelasannya

Beragam Mitos Desa Guci di Tegal

1.      Legenda Waduk Gajah Mungkur

 

Tahukah Anda! Konon, dahula kala terdapat seorang putri cantik bernama Dewi  Kandita yang tinggal di Gunung Slamet.

Namun, suatu ketika putri tersebut jatuh cinta pda seorang pangeran dari kerajaan tetangga.

Akan tetapi, cintanya ditolak oleh sang pangerang. Kemudian, putri tersebut memohon kepada Dewa Slamet supaya dapat menyatukan dirinya dengan sang pangeran.

Dewa Slamet pun mengabulkan permohonan putri ini dan menciptakan waduk bernama Gajah Mungkur yang dianggap sebagai tempat bertemunya kekasih yang berpisah.

2.      Mitos Wisata Air Panas Guci

 

Konon katanya, air panas Guci diyakini mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan beragam macam penyakit dan menghilangkan rasa sakit.

Tidak hanya itu, terdapat juga mitos lainnya yang mengatakan bahka apabila Anda mandi  di air panas Guci pada malam hari, maka akan mendapatkan kunjungan dari makhluk halus.

3.      Mitos Curug Cipendok

 

Konon, curug yang satu ini dihuni oleh Jin yang menjaga keseimbangan alam sekitar.

Menurut sejarahnya, Jin tersebut dapat menampakkan diri sebagai kakek tua yang bertongkat atau gadis cantik yang menari di area air terjun.

BACA JUGA: Banyak Mitos di Tegal yang Seram: Nomor 2 Sering Terdengar

Lalu, apa itu mitos?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kemendikbud-Ristek mendefinisikan mitos sebagai cerita suatu bangsa mengenai dewa dan pahlawan pada zaman dahulu.

Yang mengandung penafsiran mengenai asal-usul semesta alam (manusia dan bangsa tersebut), dan mengandung arti  mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib.

Tidak hanya itu, mitos juga diartikan sebagai cerita mengenai dewa-dewa dan pahlawan pada masa lalu yang mempunyai tafsiran dan makna tentang kejadian asal usul manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa yang namanya mitos belum dapat dipastikan kebenarannya, ya.

Sebab, mengingat lokasi wisata Guci ini berada dalam kawasan yang rawan kecelakaan maupun kejadian bencana alam, kewaspadaan maupun kehati-hatian pengunjung pun menjadi hal penting.

Oleh sebab itu, wisatawan diharapkan mampu untuk menjadi kebersihan dan kesucian area wisata, serta mematuhi segala  adat dan aturan yang berlaku di area sekitar wisata tersebut.

Demikian ulasan mengenai mitos desa Guci di Tegal. Semoga bermanfaat.***

Sumber: