Selain Jadi Obyek Wisata, Waduk Malahayu Miliki Mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Setempat

Selain Jadi Obyek Wisata, Waduk Malahayu Miliki Mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Setempat

Sejumlah pengunjung mengunjungi Obyek Wisata Waduk Malahayu. (Doc. Istimewa)--

RADAR TEGAL - Waduk Malahayu. Mungkin masyarakat Kabupaten Brebes, khususnya warga Kecamatan Banjarharjo tidak asing dengan nama itu. Ya, Waduk Malahayu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Brebes, tepatnya di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo.

Akses menuju Waduk Malahayu juga terbilang cukup gampang. Jika dari arah Pantura Cirebon-Brebes, pengunjung bisa lewat lampu merah pertigaan di Desa Tanjung. Kemudian, belok ke selatan. Dari lampu merah tersebut, lurus melewati Kecamatan Kersana dan sampai Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo.

Jika melalui jalan alternatif. Mulai dari Cirebon tepatnya di Terminal Cirebon, belok ke timur menuju Desa Bojongsari, Kecamatan Losari hingga ke perempatan Pasar Kersana, Kecamatan Kersana.

Setelah tiba di perempatan lampu merah Pasar Kersana, kemudian belok ke selatan. Kemudian, lurus hingga masuk Desa Malahayu.

Selain menawarkan pesona alam yang cukup indah, ternyata Waduk Malahayu juga menyimpan misteri. Salah satunya, yakni jika ada pasangan atau sepasang suami istri yang membasuh muka atau mandi di air waduk jodohnya akan abadi, dan adanya penunggu waduk berupa ular besar.

Sejarawan sekaligus Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Brebes Wijanarto mengatakan, Waduk Malahayu selain menjadi obyek wisata juga terdapat mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Yakni, apabila sepasang pegantin memggunakan air waduk untuk mencuci muka mereka atau mandi jodohnya bakal abadi sampai mati. 

"Konon, bagi pasangan atau suami istri yang membasuh muka atau mandi menggunakan air di Waduk Malahayu jodohnya bakal abadi," ujarnya, Minggu, 30 Juli 2023.

Dia menambahkan, memang sebagian kecil masyarakat yang memang masih mempunyai keyakinan seperti itu. Terlepas dari itu, Waduk Malahayu merupakan aset wisata yang dimilimi Kabupaten Brebes.

"Memang tidak semuanya, tapi sebagian masyarakat desa setempat masih mempercayai hal di atas," ucapnya.

Dia menambahkan, selain mitos di atas, di Waduk Malahayu sendiri ada namanya Sedekah Waduk. Sedekah Waduk sendiri, kata Wijanarto, merupakan kegiatan rasa syuqur bagi masyarakat setempat akan ijohasil tangkapan yang telah warga rasakan.

"Kalau selama ini kita kenal denfan Sedekah Bumi dan Sedekah Laut. Tapi, di Desa Malahayu ada namanya Sedekah Waduk. Sedekah waduk digelar sebagai rasa syuqur akan hasil tangkapan yang melimpah," terangnya.

Dalam sedekah waduk itu, lanjutnya, masyarakat juga melarungkan beberapa ekor ayam atau unggas ke waduk. 

Itu tadi sedikit ulasan tentang Waduk Malahayu. Yang mana, selain menawarkan keindahan alam, Waduk Malahayu juga memiliki misteri jika membasuh muka atau mandi dengan air Waduk Malahayu akan abadi dengan pasangannya. Dan Sedekah Waduk yang ada di Waduk Malahayu. Semoga menambah pengetahuan kita semua.***

Sumber: